METROPOLIS

Sekda Sebut Mobilitas Masyarakat Kutai Kartanegara Masih Tinggi dalam PPKM Level 2

Sekda Kukar Sunggono. (Foto: Elmo/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini telah menurun menjadi level 2. Meski demikian, kondisi mobilitas masyarakat di Kukar disebut masih tinggi.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono saat menghadiri Rembuk Stunting, beberapa waktu lalu. Informasi yang diterima dari Peraturan Menteri Dalam Negri (Permendagri), Kukar sampai hari ini masih di level 2, bersamaan dengan Kota Balikpapan dan Samarinda. Karena itu masih memerlukan pengendalian mobilitas penduduk.

“Saat ini mobilitas masih tinggi, walaupun kecenderungan yang terkonfirmasi positif sudah sangat-sangat berkurang. Apalagi yang meninggal dunia, dan dalam dua hari ini kita tidak ada kasus Covid,” ungkap Sunggono.

Untuk perkembangan vaksinasi Covid-19, dia menyebut sudah mencapai 47 persen secara menyeluruh. Target terdekat Pemkab yaitu sampai 50 persen atau lebih.

“Kebijakan yang banyak diubah terkait PPKM. Kebijakan kita menuruti Permendagri itu untuk level 2. Tetapi secara khusus, kita memang di Kukar tidak mengadopsi keseluruhan kebijakan Permendagri itu,” ucap Sunggono.

Karena Kukar telah mencapai level 2, beberapa aktivitas masyarakat telah diberi kelonggaran di beberapa hal. Seperti kunjungan tempat wisata, tempat ibadah, kegiatan kemasyarakatan, termasuk juga sudah merelaksasi beberapa kegiatan sehari-hari menuju normal. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top