POLITIK

Prihatin Marak Tambang Ilegal, Ketua DPRD Kaltim Minta Aparat Turun Tangan

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK prihatin terhadap maraknya tambang ilegal. Menurutnya kehadiran tambang ilegal di Benua Etam menimbulkan sejumlah persoalan lingkungan dan kerugian negara.

Melihat dampak kerugian yang diterima daerah, secara tegas mantan Bupati Berau itu meminta aparat berwenang dapat turun tangan menindak aktivitas penambangan ilegal. “Pemerintah provinsi sendiri menyoroti maraknya tambang ilegal namun tidak dapat berbuat banyak karena minimnya informasi dan keterbatasan aturan tentang kewenangan,” jelas Makmur dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Adapun dampak yang ditimbulkan dari masalah ini adalah kerusakan lingkungan. Seperti permasalahan banjir, longsor, sampai jalan yang rusak. Pasalnya aktivitas tambang ilegal tidak mengindahkan segala bentuk perizinan hingga analisis dampak lingkungan.

“Ini membuat areal lokasi kegiatan pertambangan berada dekat pemukiman maupun kawasan yang memang dilarang karena rentan persoalan lingkungan,” ungkapnya lagi.

Meskipun kewenangan perizinan pertambangan batu bara diambil alih dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat, namun dia tetap mendesak agar aktivitas tambang ilegal segera ditindaklanjuti aparat. “Tidak hanya itu, setelah habis dikeruk lubang tambang dibiarkan menganga tanpa dilakukan reklamasi pascatambang,” pungkas Makmur. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top