EKONOMI & BISNIS

Penetapan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara Jadi Pintu Investor Menanamkan Modal

Makan malam bersama I-EU CEPA atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Uni Eropa, Selasa (26/10/2021). (Foto: Syaiful Al-Qadrie/Adpimprov Kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) baru Republik Indonesia (RI) menjadi modal utama para investor untuk menanamkan modal usaha di Benua Etam. Sebagaimana disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi ketika menjamu makan malam bersama European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) atau Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Uni Eropa, Selasa (26/10/2021).

“Alhamdulillah, ditetapkan Kaltim sebagai ibu kota negara tentu menjadi kemudahan bagi para investor, khususnya Uni Eropa untuk menanamkan modal usaha di daerah ini. Sehingga turut membantu kesejahteraan rakyat,” beber Hadi.

Ditetapkan Kaltim sebagai IKN baru juga tidak lain, karena kondisi geografis dan alam Kaltim masih bagus. Bahkan, telah berhasil meraih penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) atau penurunan emisi carbon.

Sebagai bukti lingkungan dan alam Kaltim itu baik adalah, adanya ekspor sarang burung walet ke luar negeri. Karena, kondisi alam dan hutannya masih bagus. “Semoga, kondisi ini menjadi pendukung para investor Uni Eropa berinvestasi di Kaltim,” jelasnya.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket merasa senang diterima dua pemimpin di Kaltim. Adapun dukungan para investor Uni Eropa, setelah kembali dari Kaltim segera disampaikan kepada para pengusaha di Uni Eropa. Termasuk potensi yang dimiliki Kaltim. “Segera saya sampaikan kepada para investor di Uni Eropa. Kaltim sangat bagus alamnya,” sebut Vincent. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top