METROPOLIS

Dorong Peningkatan Sektor Pertanian, Bupati Kutai Kartanegara Serahkan Bantuan Alsintan

Suasana Penyaluran Bantuan Bupati Kukar kepada pada Gapoktan Desa Rempanga. (Foto: Humas Dinas Pertanian & Peternakan)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Bupati Kutai (Kukar) Kartanegara Edi Damansyah melakukan penyerahan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) di beberapa kecamatan, beberapa waktu lalu. Penyerahan alsintan ini merupakan upaya memajukan sektor pertanian di Kukar.

Alsintan yang diserahkan di UPTD Balai Benih dan Palawija Kukar, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI untuk beberapa Gapoktan di kecamatan yang ada di Kukar. Meliputi Kecamatan Samboja, Loa Janan, Desa Loa Duri Ulu, Muara Kaman, dan Desa Rempanga.

Alsintan yang diserahkan adalah satu unit traktor roda empat, traktor roda dua, rice transplanter, cultivator dan hand sprayer elektrik.

Edi menambahkan bahwa ini semua diberikan secara bertahap dan telah direncanakan hasil dari pendataan dan permohonan kelompok-kelompok tani. Karena peralatan ini merupakan bagian dari dorongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Saya melihat petani yang sudah berumur 81 tahun tetapi masih sehat dan bugar. Karena selama ini proses bertaninya selalu mencangkul olahannya,” ungkap Edi.

“Dengan kami berikan peralatan ini mungkin dapat menggeser, dari mencangkul dapat menggunakan mekanisme ini. Karena dengan produktivitas yang meningkat ini dapat juga menunjang penghasilan ekonomi keluarga tani dan juga Kabupaten Kukar,” lanjutnya.

Dengan penyerahan bantuan alsintan ini Edi berharap sektor pertanian Kukar terus meningkat dan berkembang. Walaupun saat ini masih dalam situasi Covid-19.

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa syukur kami kepada para petani dan masyarakat Kukar. Karena profesi petani ini merupakan profesi yang mulia. Dapat dibayangkan apabila tidak ada petani menanam padi, tidak ada beras, begitulah bayangannya. Maka kita perlu selalu bersinergi dan kerja sama bersama,” beber Edi. (lmo)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top