METROPOLIS

Pemkab Kutai Kartanegara Perbarui Data di Kecamatan Pemekaran

Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Percepatan penyelesaian urusan administrasi kependudukan di dua kecamatan baru di Kutai Kartanegara (Kukar) terus dilakukan. Upaya ini juga untuk menindaklanjuti arahan Bupati Kukar Edi Damansyah untuk memberikan pelayanan publik dengan baik.

Diketahui, jumlah kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) resmi bertambah dua yakni Samboja Barat dan Kota Bangun Darat. Awalnya hanya 18 kecamatan kini menjadi 20 kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kukar Muhammad Iryanto mengatakan, dokumen kependudukan di kedua kecamatan baru harus diperbaharui kembali. Sebab Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan sejenisnya masih masuk kecamatan induk masing-masing.

Dia mengatakan, berdasarkan jumlah penduduk kedua kecamatan ini setelah didata, sekira 46 ribu orang. Artinya yang sudah memiliki KTP dan KK dengan kode wilayah lama harus diperbarui kembali.

“Karena kode wilayah kecamatan sebelumnya berbeda dengan yang baru, jadi diperbarui,” ujarnya.

Pihak Disdukcapil, sebut Iryanto, berencana melakukan perubahan tahun depan. Kendala yang dihadapi yakni ketersediaan bahan logistik untuk mencetak dokumen tersebut belum ada.

Hanya saja, Pemkab Kukar sudah bertindak cepat dengan mengantisipasi kekurangan logistik tersebut dengan mengajukan anggaran di APBD-Perubahan tahun 2021. (ahy)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top