METROPOLIS

Bahas Pemindahan Ibu Kota Negara, Kadiskes Kutai Kartanegara Jadi Narasumber FGD Kementerian

Kepala Diskes Kukar dr Martina Yulianti.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kepercayaan sejumlah pihak terhadap perkembangan infrastruktur kesehatan di Kutai Kartanegara (Kukar) kian nyata. Termasuk persiapan pemindahan ibu kota negara (IKN) yang masuk dalam wilayah Kukar. Hal tersebut dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Kamis (21/10/2021).

Dalam pertemuan virtual tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar dr Martina Yulianti turut diundang sebagai narasumber. Selain itu juga hadir sejumlah pihak mewakili Kementerian PPN, Kadiskes Penajam Paser Utara (PPU) serta tim konsultan.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka studi IKN Baru Bidang Kesehatan yang dilakukan oleh Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat bersama Tim Konsultan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan bertujuan memetakan kondisi existing dan pengembangan desain proyeksi pelayanan kesehatan di wilayah IKN. Sehingga diperlukan tambahan informasi dan data dari stakeholder terkait untuk mempertajam hasil analisis.

Dalam pemaparannya, Kadiskes Kukar dr Martina Yulianti menyampaikan kondisi terkini terkait fasilitas pelayanan kesehatan, aksesibilitas dan sistem rujukan. Selain itu juga disampaikan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan serta teknologi informasi.

“Tentu saja kami mendukung upaya yang dilakukan pemerintah pusat. Termasuk kegiatan FGD oleh Kementerian PPN ini,” kata Martina. Dalam kegiatan tersebut tim konsultan juga sempat menyampaikan progres dan rencana tindak lanjut studi pemetaan kondisi existing dan proteksi pelayanan kesehatan IKN. (ahy)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top