POLITIK

Wakil Ketua DPRD Kaltim Upayakan Pengadaan Kapal Tangkap untuk Nelayan

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo Bertemu Perwakilan Nelayan Manggar. (Foto: Ferry/Kate.id)

BALIKPAPAN, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo mengupayakan pengadaan kapal tangkap untuk nelayan di wilayah Manggar, Balikpapan. Sebab belum lama ini, dirinya memfasilitasi Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan Manggar pada pertemuan yang digelar di Kantor DPRD Kaltim, Kamis (21/10/2021).

Dalam pertemuan, nelayan mengusulkan kapal bagan tangkap kepada Sigit. Melihat usulan tersebut, Sigit pun memfasilitasi dengan memasukan usulan kapal tangkap nelayan ke dalam pokok-pokok pikiran (pokir) dapil Balikpapan miliknya.

“Usulannya senilai Rp 1,6 Miliar. Kami mau bantu karena mereka (nelayan) konsituen. Makanya saya meminta kepada Dinas Perikanan Kaltim untuk melengkapi strukturnya guna mempersipkan program-program yang mengena ke masyarakat,” urai Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim tersebut usai pertemuan.

Dikatakan Sigit, ihwal pembuatan kapal tersebut ditujukan meningkatkan taraf ekonomi dan pendapatan nelayan. Secara spesifik, jenis kapal tangkap yang diusulkan berdasarkan jarak tempuh. Untuk jarak tangkap 20 mil ke atas, besaran kapal yang diusulkan bertenaga 30 gt.

“Ikan-ikan kita kan banyak di luar-luaran sana. Kalau enggak kita sendiri yang mengelola, kapan lagi? Kita harus memberdayakan nelayan kita sampai ke kapasitas yang luar biasa,” beber Sigit.

Namun dalam proses pembuatan kapal, saat ini masih dikoordinasikan bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim. Diakui Sigit, saat ini instansi terkait masih belum bisa bergerak membuat kapal karena terkendala sumber daya tenaga teknisi perkapalan yang belum terpenuhi.

“Saya minta dilengkapi strukturnya, tenaga teknisnya, kalau memang diperlukan buka lowongan penerimaan itu. Kita punya SMK Pelayaran dan Perkapalan dan banyak tenaga teknisnya,” sebutnya.

Menanggapi usulan nelayan, Aspiany selaku Kabid Perizinan Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim mengatakan jika pihaknya sekarang ini belum memiliki tenaga teknis perkapalan. Kendati demikian, dia tetap mengupayakan usulan pembuatan kapal bisa diakomodasi pada APBD Kaltim tahun 2022.

“Kami dari bidang teknis sedapat mungkin diupayakan untuk membantu nelayan sesuai aturan yang ada di perikanan,” terangnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top