POLITIK

Kembangkan Sektor Perikanan Kaltim, Wakil Rakyat Bantu Nelayan Bentuk Kelompok Usaha

Potret Ketua Fraksi PAN Kaltim Baharuddin Demmu Berbincang Bersama Para Nelayan. (Foto: Ferry/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dalam upaya mengembangkan sektor perikanan di Kaltim, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kaltim Baharuddin Demmu akan membantu para nelayan membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Sebab menurut Bahar, persoalan utama yang dialami nelayan adalah masih banyak yang belum terdaftar dalam anggota KUB. Maka untuk merespon hal itu pula, sebagai wakil rakyat dia tidak akan diam. Untuk langkah konkretnya, dia berupaya memfasilitasi pembentukan kelompok nelayan.

“Kami meminta kepada beberapa masyarakat terutama yang belum punya kelompok itu, untuk menyiapkan beberapa persyaratan,” ujar Bahar saat berbincang santai bersama para nelayan, Selasa (19/10/2021).

Pada tahap pembentukan kelompok nelayan, persyaratan pertama yang paling penting menurutnya adalah pendataan nelayan dengan kartu tanda penduduk (KTP). Dirinya juga berharap kepala desa maupun sekretaris desa setempat bisa bersama-sama membantu pembentukan KUB nelayan.

“Karena tidak mungkin mereka (nelayan) mendapat bantuan kalau mereka tidak punya kelompok,” ungkapnya.

Terkhusus untuk masyarakat yang sudah berprofesi sebagai nelayan tangkap, Bahar mengaku jika mereka juga memiliki masalah lain. Utamanya menyangkut masalah mesin kapal yang sudah tua.

“Yang utamanya kan rata-rata mesinnya udah tua, sebagian ada yang sudah rusak. Makanya mau tidak mau harus cepat diusulkan,” terangnya.

Oleh karena itu, dalam upaya memajukan sektor perikanan, dirinya akan membantu para nelayan membentuk KUP serta memfasilitasi pemberian bantuan-bantuan sesuai dengan kebutuhan para nelayan. “Supaya nanti pemerintah dan kami sendiri lewat pokok-pokok pikiran (pokir) bisa bantu fasilitasi mesin-mesin dongfeng (kapal) 24 pk. Insyaallah akan kami bantu,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top