POLITIK

DPRD Kaltim Kembali Tindak Lanjuti Aduan Bongkar Muat Logpond Tanpa Izin

DPRD Kaltim Lakukan RDP tindak lanjuti aduan bongkar muat di Kubar. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim menindaklanjuti aduan tentang dugaan operasi bongkar muat kayu gelondongan di logpond tanpa izin alias ilegal yang terletak di Desa Muyub Ilir, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Guna menindaklanjuti permasalahan ini, Komisi II dan Komisi I DPRD Kaltim kembali melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) di ruang rapat lantai 1 gedung E Kantor DPRD Kaltim bersama Forum Akuntabilitas dan Transparansi (Fakta), KSOP Kelas II Samarinda serta instansi terkait pada Senin (18/10/2021) kemarin.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim Baharuddin Demmu saat memimpin rapat mengatakan jika masalah ini berawal dari titik koordinat perusahaan yang disengketakan perusahaan lain. Pasalnya masalah tersebut diadukan salah satu perusahaan kayu swasta yang berdomisili di Desa Linggang Muyub Ilir, Kecamatan Tering, Kubar.

“Titik koordinat antara kedua perusahaan tidak memiliki permasalahan berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan,” ucap Bahar yang juga Ketua Fraksi PAN Kaltim itu.

Selain itu, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda sampai hari ini belum memberikan pelayanan terhadap permohonan kegiatan pemuatan kayu oleh kedua perusahaan yang masih bersengketa.

Oleh karenanya, Komisi II, Komisi I DPRD Kaltim beserta KSOP, Dinas Kehutanan (Dishut) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjadwalkan kunjungan lapangan ke lokasi lonpond Desa Muyub Ilir.

“Ke depan akan dilakukan kunjungan di lokasi untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan menyesuaikan jadwal Banmus DPRD Kaltim,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top