METROPOLIS

Serius dalam Pembangunan Rendah Karbon, Kaltim Terima Penghargaan ProKlim

Pemprov Kaltim menerima penghargaan Proklim di Jakarta, Selasa (19/10/2021). (Foto: Adpimprov Kaltim)

JAKARTA, Kate.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2021. Penghargaan diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI), di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Penghargaan ini sebagai apresiasi pembinaan ProKlim oleh Pemprov Kaltim yang ditandatangani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, yang diterima Gubernur Kaltim Isran Noor diwakili Kepala DLH Kaltim Rafiddin Rizal.

“Penghargaan ini, sebagai bukti keseriusan pemerintah provinsi untuk menjalankan sepenuhnya pembangunan rendah karbon dan pembangunan hijau serta mendukung sepenuhnya target Pemerintah Republik Indonesia untuk menciptakan 20 ribu Kampung Iklim pada tahun 2030,” ungkap Rizal usai menerima penghargaan di Jakarta.

“Trofi Proklim diberikan kepada tiga desa/dusun dan kelurahan di wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan serta Kabupaten Kutai Timur diberikan secara simbolis dan ditayangkan virtual zoom oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim mewakili menteri,” bebernya.

Kegiatan bertema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Pemprov Kaltim melalui DLH mengapresiasi dan sangat bangga atas kerja keras 3 peraih trofi dalam membina calon Kampung Iklim.

Juga apresiasi bagi pemerintah kabupaten/kota dan mitra pendukung hingga mengantarkan meraih penghargaan tingkat nasional sebagai peraih Trofi Proklim Tahun 2021.

Rizal menyebutkan sembilan lokasi yang diajukan sebagai calon penerima trofi Kampung Iklim. Di antaranya Dusun II Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Kutim) serta Kelurahan Mugi Rejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), terdapat dua lokasi yang diajukan dan seluruhnya mendapatkan penghargaan.

“Yang jelas, penghargaan yang diterima Provinsi Kaltim merupakan kali pertama, sementara di tingkat kabupaten/Kota diraih Kabupaten Paser,” jelasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top