OLAHRAGA

PON XX Resmi Ditutup, Papua Sukses Jadi Penyelenggara dan Torehkan Prestasi

Wapres RI Ma’ruf Amin menyaksikan kembang api dalam penutupan PON XX Papua. (foto: jerry/watimpres)

JAYAPURA, Kate.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi ditutup, Jumat (15/10/2021) oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin. Ma’ruf memberikan pujian kepada Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX Papua 2021 karena tidak hanya sukses menjadi penyelenggara kegiatan tetapi juga sukses menorehkan prestasi olahraga dengan berada di posisi empat besar klasemen.

“Selain sukses penyelenggaraan PON ini. Saya sampaikan selamat atas melonjaknya prestasi tim Papua yang berhasil memperoleh 93 medali emas dan berhasil menduduki peringkat empat, yang sebelumnya peringkat delapan pada PON tahun 2016. Ini menunjukkan Papua telah menjadi kekuatan elit olahraga nasional. Ini membuntikan bumi Papua tidak saja kaya, tapi penuh talenta,” kata Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara penutupan PON XX Papua, di stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10) malam WIT.

Menurutnya, talenta tersebut nantinya yang akan membawa kemajuan dan kesehahteraan bagi Papua. Sehingga kekayaan Sumber Daya Alam akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Papua. “Oleh karena itu, kita harus terus kerja keras agar talenta Papua tumbuh dan berkembang subur di semua aspek untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan di Papua,” harapnya.

Disamping itu, mantan Ketua Umum MUI ini menilai, kesuksesan PON XX Papua ini mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. “Di sini, di tanah Papua kita buktikan solidaritas sportifitas, persatuan, dan kesatuan merupakan kunci kesuksesan bersama. Dan ini harus kita jaga dan rawat bersama, Torang Semua bersuadara, kita semua bersaudara,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Ma’ruf Amin menyampaikan selamat kepada semua atlet, ofisial dan pendukung atas pencapaian yang membanggakan pada PON XX ini, khususnya keberhasilan pecahan beberapa rekor cabang olahraga baik tingkat ASEAN maupun Asia.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang luar biasa dari Kementerian Pemuda Dan Olahraga, apresiasi dan terimkasih juga saya sampaikan kepada seluruh jurnalis dan awak media atas kerja kerasnya dalam menyebarkan informasi kegiatan PON XX secara teguh. Sehingga memperkuat rasa saling memiliki, saling mempererat rasa persaudaraaan sebagai bangsa yang besar dan bersatu,” katanya.

Tak lupa, Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan terimkasih dan pengharapan kepada Gubernur Papua yang juga Ketua PB PON XX 2021 Lukas Enembe. “Terima kasih dan selamat atas keberhasilannya mewujudkan penyelenggaraan PON XX ini dengan baik, aman dan penuh prestasi,” tegasnya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top