METROPOLIS

Dispora Kutai Kartanegara Bentuk FPDK, Wadah Bersama Pemuda Disabilitas

Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar Aji Ali Husni.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara Kukar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) sudah memfasilitasi pembentukan Forum Pemuda Disabilitas Kukar (FPDK). Forum ini sebagai wadah berjuang bersama berkolaborasi bertukar pikiran dan pengetahuan, demi memberikan suatu hal yang baik dan sumbang saran untuk pembangunan Kukar yang lebih baik lagi.

“Kami sudah bentuk FPDK. Kami akan rencanakan pelantikan pengurusnya, dalam waktu dekat ini,” ucap Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kukar Aji Ali Husni kepada media ini.

Namun Ali belum menentukan seperti apa konsep pelantikannya nanti. Mengingat kondisinya masih pandemi Covid-19, apakah dilakukan secara zoom meeting atau secara langsung dengan penerapan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Diakui Ali, saat ini Dispora masih lakukan proses pendataan pemuda penyandang disabilitas di Kukar. Pasalnya masih ada kecamatan yang belum menyerahkan data pemuda disabilitas yang ada di wilayahnya.

“Ada kecamatan yang sudah berikan datanya, ada juga yang belum, namun yang belum tidak banyak, hampir rata-rata sudah serahkan datanya,” ucapnya.

Apabila sudah terkumpul keseluruhan data disabilitas di 18 kecamatan, maka akan dilakukan seleksi guna mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari Dispora. “Nantinya pemuda disabilitas akan mendapat pelatihan kewirausahaan dan motivasi pengembangan diri,” jelas Ali.

Dia memastikan ada bakat berkembang dari para pemuda disabilitas yang harus diberikan peran secara maksimal oleh Pemkab Kukar. “Setelah kami lihat data yang masuk, ada yang memiliki semangat wirausaha dan berkarya. Ini akan terus kami apresiasi,” sebutnya.

Dijelaskan, kegiatan bidangnya saat ini berjalan dengan pemberian materi pemberdayaan pemuda. Karena masih pandemi Covid-19, kegiatan lebih banyak dilakukan secara online melalui zoom meeting.

“Untuk konsultasi klinik kewirausahaan di kantor Dispora sampai saat ini juga masih berjalan, akan tetapi hanya dilakukan satu pekan sekali saja,” sebutnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top