POLITIK

Legislator Kaltim Soroti Lemahnya Pendataan Aset Daerah

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono menyoroti perihal lemahnya pendataan aset daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Pasalnya Sapto mengaku masih banyak aset Kaltim yang dikuasai oleh pihak ketiga.

Secara mendalam, perihal aset daerah yang dikuasai oleh pihak ketiga, ternyata berbagai macam. Contohnya aset yang bergerak maupun tidak bergerak.

Sejauh ini aset yang tercatat hanya dari tahun 2008 ke atas. Sementara aset yang di bawah tahun 2008 masih belum terdata dengan baik.

“Sehingga perlu diatur pola yang baik untuk penertibannya dan dilakukan secara berkesinambungan,” terangnya kala dijumpai di Gedung E Kantor DPRD Kaltim, Jumat (17/9/2021).

Melihat temuan tersebut, dia meminta pemerintah segera melakukan penertiban pemanfaatan aset dengan memperkuat pendataan aset daerah.

“Jangan justru dilakukan pembiaran. Karena jika dibiarkan, itu melanggar hukum,” sambung politisi Fraksi Golkar itu.

Sehingga dirinya berharap Pemprov Kaltim melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dapat mencatat dan mempertahankan aset dari pemanfaatan pihak ketiga. Sebab menurutnya, aset daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan oleh kekayaan asli daerah.

“Harus ditelusuri secara mendalam asetnya ada dimana dan siapa yang menguasai,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top