POLITIK

Komisi II DPRD Kaltim Harap Perusda Punya Target Setoran ke Kas Daerah

Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo berharap Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim memiliki target setoran ke kas daerah. Pasalnya baru-baru ini delapan Perusda Kaltim telah resmi memiliki jajaran direksi baru. Sebelumnya, direksi baru tersebut dipilih dengan mengikuti mekanisme dan seleksi yang cukup ketat.

Legislator yang akrab disapa Bagus itu menilai jika direksi baru Perusda yang terpilih adalah insan yang memiliki unggulan dari para direksi pendahulunya. Terutama menyangkut strategi untuk menambah pemasukan bagi daerah.

Lebih lanjut, untuk segera merealisasikan penambahan setoran ke kas daerah, dia berharap agar jajaran direksi baru Perusda siap merancang strategi melalui analisa peluang penambahan kas daerah.

“Mereka (direksi) harus siap data dan bisa menjelaskan target seperti apa. Tidak hanya berbentuk narasi, karena ini Perusda harus berbentuk kontribusi,” sebut Bagus, Jumat (17/9/2021).

Perihal target setoran ke kas daerah, Bagus melanjutkan jika direksi Perusda harus memiliki target yang jelas. Misalnya, target pertahun yang akan disetorkan, kemudian penambahan aset yang dikelola, lalu kondisi harta lancar dan harta kewajibannya yang harus jelas.

“Supaya mereka juga kalau memang punya prestasi yang baik itu juga harus jelas. Jangan sampai ini menjadi tidak berkepastian,” ujarnya lagi.

Kendati demikian, kejelasan target setoran ke kas daerah tersebut harus dirangkum dengan data. Bagus tidak ingin apabila rencana Perusda meningkatkan setoran ke kaa daerah hanya sebatas normatif. Oleh karenanya, mulai saat ini Perusda sudah memiliki target berapa keuntungan yang bakal disetor ke daerah.

“Minimal setiap bulan bisa disampaikan dan kita juga ingin untuk laporan keuangan itu setiap tahun harus disampaikan juga. Sehingga kita tau performa dari masing-masing bidang usahanya,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top