POLITIK

Fraksi Golkar Kaltim Minta Banmus Segera Jadwalkan Pembahasan Pimpinan Dewan

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kaltim Nidya Listiyono. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Fraksi Golkar DPRD Kaltim meminta Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim segera menjadwalkan pembahasan pergantian pimpinan DPRD Kaltim. Hal itu disampaikan anggota Fraksi Golkar DPRD Kaltim, Nidya Listiyono.

Dirinya menyampaikan, pembahasan pergantian pimpinan dewan tersebut telah menjadi risalah sidang paripurna pada Senin (13/9/2021) silam. Sehingga pada jadwal Banmus berikutnya pembahasan pergantian pimpinan dewan mulai dilakukab secara terbuka dengan diikuti seluruh anggota dewan dari tiap fraksi.

“Maksudnya jadwal Banmus nanti kami akan memasukkan agenda pembacaan surat dari Partai Golkar terkait pergantian pimpinan DPRD Kaltim dari Fraksi Golkar,” ujar pria dengan sapaan akrab Tiyo itu, Jumat (17/9/2021).

Sebab selama ini, pembahasan pergantian pimpinan dewan sempat menjadi masalah berlarut-larut yang tak kunjung dibahas secara resmi. Apalagi dia juga mengungkapkan, hingga saat ini sudah terhitung 80 hari semenjak keputusan DPP Partai Golkar terbit.

“Artinya Pak Makmur kan tadi juga menurut saya sudah secara negarawan juga beliau sampaikan bahwa itu sudah final. Maka beliau akan mengikuti. Kita lihatlah nanti seperti apa,” terangnya.

Kendati demikian, Tiyo membeberkan mengapa usulan pergantian tersebut tidak selesai dibahas di internal Fraksi Golkar. Melainkan pembahasan itu langsung dibawa ke jenjang rapat paripurna.

Alhasil menurut Tiyo, dari internal Fraksi Golkar juga sudah beberapa kali melakukan rapat fraksi. Namun dia mengaku jika Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK tidak pernah hadir.

“Pak Makmur tidak hadir dan itu ada undangannya. Makanya karena ketidakhadiran itu kemudian di paripurna sebelumnya kan juga sudah disampaikan dari kesepakatan sebelumnya. Kalau ada surat dari mahkamah partai maka silahkan dilanjutkan,” urai Tiyo.

Pada kesempatan serupa, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK menanggapi usulan tersebut secara singkat. Mantan Bupati Berau dua periode itu mengimbau agar seluruh pihak menghargai mekanisme partai. Sebab, Makmur saat ini masih dalam tahap melakukan gugatan di Mahkamah Partai Golkar.

“Tentang pergantian pimpinan dewan ada mekanisme partai, saya belajar menghargai mekanisme itu. Selebihnya nanti yang berpendapat penasihat hukum saya,” ucap Makmur singkat. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top