METROPOLIS

APBD Perubahan Kutai Kartanegara Disahkan, Alami Kenaikan Rp 600 Miliar

Sidang Paripurna DPRD Kukar pengesahan APBD Perubahan Kukar 2021.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dua hari yang lalu, secara resmi APBD Perubahan Kutai Kartanegara (Kukar) 2021 disahkan oleh DPRD. Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi, ada kenaikan anggaran sebesar Rp 600 miliar lebih di APBD Perubahan. Sebelum perubahan, APBD Kukar mencapai Rp 3,6 triliun.

“Setelah perubahan APBD Kukar capai Rp 4,2 triliun,” sebut Bupati Edi Damansyah, Selasa (14/9/2021) sore, di gedung Paripurna DPRD Kukar.

Melalui APBD ini, dia akan memprioritaskan pelayanan dasar rakyat Kukar. Yang selama ini perlu pembenahan, seperti infrastruktur jalan, layanan air bersih, pendidikan, kesehatan serta pertanian dalam arti luas.

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kukar yang telah merampungkan pembahasan dan pengesahan APBD Perubahan.

“Semoga realisasi APBD Perubahan memberikan mamfaat kepada masyarakat Kukar, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ucap Edi.

Orang nomor satu di Kota Raja ini memberikan alasan singkat, kenapa APBD perubahan Kukar mengalami kenaikan. Karena adanya alokasi tambahan transfer DBH dari pemerintah pusat, serta adanya tambahan Bankeu dari Pemprov Kaltim.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid yang memimpin sidang Paripurna tersebut merasa senang, karena Raperda APBD perubahan Kukar 2021 sudah disetujui. Rasid menyebut, pengesahan anggaran tersebut merupakan puncak koordinasi dan komunikasi yang baik antara Pemkab dan DPRD Kukar.

“Namun harus dikhawatirkan juga, efektivitas realisasi APBD Perubahan tersisa 2,5 bulan saja,” jelasnya.

Belum lagi, sebut Rasid, banyak kegiatan yang harus diinput di Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Hal ini membutuhkan waktu lagi.

“DPRD Kukar mengharapkan, realisasi APBD perubahan berjalan cepat, agar bisa dimanfaatkan untuk masyarakat Kukar, ” pungkasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top