POLITIK

Legislator PAN Kaltim Serap Aspirasi Warga Saat Musrenbangdes

Anggota DPRD Kaltim Dapil PPU-Paser Sukmawati menghadiri Musrenbang Desa Kerta Bumi. (Foto: Istimewa)

PASER, Kate.id – Anggota DPRD Kaltim Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukmawati menyerap aspirasi warga saat menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Kerta Bumi, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser.

Legislator dengan sapaan akrab Sukma tersebut mengatakan jika dirinya banyak menerima usulan masyarakat desa. Salah satunya, usulan untuk membantu penambahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) serta pembangunan infrastruktur desa.

“Mengenai biaya-biaya pembangunan pada APBD dan APBDes terutama dengan infrastruktur dan pembangunan untuk rehab.
Tetapi kata mereka (perangkat desa), dananya tidak mencukupi karena banyak pemangkasan terkait kondisi Covid-19,” terang Sukma, Senin (13/9/2021).

Secara mendalam, Desa Kerta Bumi hanya menerima anggaran APBDes di bawah Rp 1 miliar di tahun ini. Oleh sebab itu, perangkat desa meminta dukungan kepada Sukma agar dapat menyuarakan kepada pemerintah terkait penambahan APBDes tersebut.

“Biasanya mereka menerima lebih. Untuk tahun 2022 itu mereka mengajukan Rp 2 miliar. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Karena mereka melihat Covid ini mulai mereda. Dan anggaran bisa stabil seperti tahun-tahun yang lalu,” ungkap Mantan Camat Kuaro tersebut.

Selain itu, perangkat desa yang hadir di saat Musrenbangdes juga berharap agar Sukma dapat membantu pembangunan infrastruktur desa melalui dana pokok pikiran (Pokir).

“Mereka berharap dewan bisa membantu untuk rehab SD dan jalan-jalan desa. Karena APBDes mereka terbatas. Sebab itu kan tegantung kondisi desanya dan jumlah penduduknya saja,” jelasnya.

Oleh karenanya, guna menindaklanjuti usulan tersebut, Sukma akan berusaha membantu pembangunan desa. Hal ini pun sesuai arahan Bupati Paser agar menyinergikan rencana pembangunan desa bersama dewan.

“Sehingga kita bersinergi. Tekait dengan rekomendasi usulan diharapkan supaya tidak ada hambatan. Jadi kita sama-sama akan membangun infrastruktur. Mudah-mudahan kegiatan yang lainnya bisa diakomodasi. Masyarakat juga minta rehab seperti rumah ibadah, minimal penambahan pagar,” pungkasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top