METROPOLIS

KCPS Tanjung Batu Disebut Tempat yang Tepat untuk Belajar Bertani

Kunjungan Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto ke KCPS Tanjung Batu, yang didampingi pejabat di lingkup satuan masing-masing.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Memiliki Kawasan Cadangan Pangan Strategis(KCPS) di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang membuat Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bangga. Bahkan Edi menyebut KCPS merupakan tempat yang tepat untuk belajar pertanian bagi petani muda atau milenial.

“Silahkan kades-kades sosialisasikan ke petani muda, bisa belajar pertanian ke KCPS Tanjung Batu,” ucap Edi saat menemani Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, meninjau KCPS dan melakukan panen perdana padi sawah di lokasi tersebut, Selasa (14/9/2021).

Edi berujar, yang membuat anak muda malas bertani karena kotor dan becek. Padahal bertani sekarang sudah menggunakan teknologi. Apalagi Kukar masih butuh banyak petani.

“Kukar masih kekurangan petani, sedangkan Pemkab Kukar fokus pengembangan pertanian dalam arti luas di RPJMD Kukar,” sebutnya.

Pangdam Mayjen TNI Heri Wiranto mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu gagasan pengembangan pertanian di KCPS garapan Dandim 0906/Kukar Letkol Inf Charles Alling. Padahal lokasi tersebut adalah lahan tidur.

“Semua saling membantu satu sama lainnya. Polres dan Pemkab Kukar, serta petani lokal Tanjung Baru membantu Kodim Kukar, hingga terwujud menjadi Desa Sinergi Hijau. Korem 091/ASN juga ikut lakukan pembinaan,” jelasnya.

Pangdam mengingatkan, program pengembangan pertanian di Tanjung Batu jangan sampai berhenti dan harus lanjut terus. Karena cita-cita TNI adanya kawasan pangan untuk membantu masyarakat.

“Ini baru sepuluh bulan sudah terbuka 80 hektare dari total 460 hektare. Ini sudah suatu yang luar biasa, apa yang sudah dilakukan jajaran Kodim Kukar pimpinan Charles Alling,” jelasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top