POLITIK

Rapat Paripurna Ke-24, DPRD Kaltim Sahkan Satu Perda dan Perpanjang Masa Kerja Tiga Pansus

DPRD Kaltim menggelar rangkaian Rapat Paripurna ke-24. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – DPRD Kaltim resmi menggelar Rapat Paripurna ke-24. Pada agenda kali ini, DPRD Kaltim telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Kaltim tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

Selain dipimpin Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Rapat Paripurna kali ini juga dipimpin oleh wakil ketua DPRD di antaranya Sigit Wibowo, Muhammad Samsun, dan Seno Aji. Serta dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Kaltim, M Jauhar Efendi.

Ada tiga Rancangan Perda (Raperda) yang masa kerjanya diperpanjang. Dalam hal ini panitia khusus (Pansus) pembahas tiga raperda tentang Ketahanan Keluarga (KK), Pengelola Barang Milik Daerah (BMD) dan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2019-2023.

Selepas kegiatan paripurna, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengungkapkan alasan perpanjangan tersebut dilakukan agar Pansus dapat lebih matang sembari mempersiapkan gelaran uji publik.

“Perpanjangan Pansus pembahas Raperda selama satu bulan diantaranya ada Pansus Ketahanan Keluarga dan RPJMD. Namun Pansus Raperda BMD diperpanjang sampai akhir November 2021,” ujar Makmur kala dijumpai di ruang rapat Gedung D lantai 6 Kantor DPRD Kaltim, Senin (13/9/2021).

Diakui Makmur, kerja pansus pembahas Raperda KK dan RPJMD Kaltim sebenarnya tidak terlalu sulit. Oleh sebab itu kedua Pansus tersebut hanya diperpanjang selama sebulan.

Namun khusus Pansus BMD, menurutnya perlu diperpanjang sampai akhir November sebab pansus ditugaskan menginventarisasi aset daerah yang bermasalah.

“Karena dahulu aset ini masuk ke kabupaten, sekarang dilimpahkan lagi ke provinsi jadi itu yang agak sulit. Kemudian peranan kita masuk ke situ, tidak boleh namanya aset dilimpahkan keluar itu seenaknya langsung diberikan,” tandas Makmur. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top