METROPOLIS

Musda V KBBKT-KU Siap Digelar, Agendakan Pemisahan Kepengurusan

Panpel Musda (dari kiri) Sekretaris Panpel Heri Hermawan, Ketua Panpel Jubaidi, Bendahara Panpel Ishak dan Koordinator Bidang Humas dan Publikasi Ramadhansyah saat jumpa pers.

SAMARINDA, Kate.id – Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (KBBKT-KU) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V pada Sabtu (4/9/2021). Dalam agenda Musda V KBBKT-KU ini akan dilakukan perubahan AD/ART yakni pemisahan kepengurusan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Ketua Panitia Musda V KBBKT-KU Zubaidi menjelaskan, nantinya setelah pemisahan yang dilakukan Ketua Umum KBBKT-KU Irianto Lambrie diserahkan secara simbolis kepada Herwan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian KBBKT-KU wilayah Kaltara.

“Nanti ketua umum kami akan memberi surat mandate kepada perwakilan Kaltara untuk melaksanakan Musdanya sendiri,” jelas Zubaidi.

Selain itu dalam Musda V ini nantinya dilakukan pemilihan Ketua Umum periode 2022-2027. Yang akan dipilih secara voting oleh peserta Musda yaitu utusan DPC KBBKT dari 9 kabupaten/kota dengan jumlah 9 suara, dan pengurus KBBKT Periode 2017-2022 dengan tiga suara, serta satu suara dari tokoh masyarakat banjar yang dipilih.

Setelah pemilihan ketua umum, juga akan ditetapkan kepengurusan yang baru dan penyusunan program kerja KBBKT 2022-2027. Target utamanya bertujuan memperkuat kerukunan, persatuan antarurang Banjar di Kaltim.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan pernyataan sikap mendukung program Gubernur Kaltim dalam penanganan Covid-19 dan meyukseskan vaksinasi yang tengah dijalankan pemerintah.

“Jadi nanti totalnya 13 suara dan kita lakukan secara terbuka, supaya kualitas pemimpin kita ke depan adalah yang betul-betul diinginkan oleh DPC yang ada di Kalimantan Timur,” katanya.

Musda V KBBKT-KU dijadwalkan dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor di Hotel Mercure Samarinda dengan menerapkan prokol kesehatan dengan ketat. Ruangan yang di masa normal bisa diisi 300 undangan, hanya akan diisi 150 undangan atau 50% dari kapasitas.

Peserta Musda V nantinya terdiri dari 9 utusan dari DPC KBBKT-KU Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), dan Berau. Selain itu turut dihadiri paguyuban atau sayap-sayap KBBKT, di antaranya Keluarga Rantau, Tanjung, Amuntai, Paringin, Barabai, Amuntai, Pelai Hari, dan Martapura sebagai peninjau.

“Peninjau di dalam suatu forum Musda itu mempunyai hak untuk bertanya, tetapi tidak mempunyai hak untuk memilih,” terangnya.

Muhammad Yamin.

Sementara itu Ketua KBBKT-KU Kukar Muhammad Yamin mengajak semua pihak, khususnya warga Banjar di Kaltim untuk menyukseskan perhelatan Akbar tersebut. Dia mengatakan, organisasi KBBKT-KU sudah banyak berkiprah dalam pembangunan serta persoalan sosial.

Bahkan kata dia, keberadaan organisasi KBBKT-KU juga turut memberikan andil terhadap masyarakat di luar suku Banjar. Terutama di tengah kebiasaan warga suku Banjar yang peduli dan memiliki rasa sosial yang tinggi.

“Sehingga saya mengharapkan musda kali ini bisa sukses terselenggara. Harapannya KBBKT-KU juga makin dirasakan manfaatnya tidak hanya bagi warga Banjar, melainkan juga warga suku lain yang saling berdampingan,” katanya.

Sementara itu, pengurus KBBKT-KU di Kukar kata dia selama ini juga turut berkiprah berkontribusi dalam berbagai hal. Mulai dari persoalan Covid-19, penanganan bencana alam, hingga melestarikan adat kebudayaan Banjar. “Semoga organisasi ini terus menjadi wadah merekatkan hubungan semua golongan. Hal ini juga terus kami tanamkan,” imbuhnya.

Mewakili pihak KBBKT-KU Kukar, Yamin mengajak semua pihak untuk menyukseskan musda tersebut. Dia berharap pemimpin KBBKT yang terpilih nanti bisa semakin mengembangkan organisasi tersebut. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top