POLITIK

Legislator PAN Kaltim Sambut Positif Revisi Perda Pencegahan Narkotika

Sekretaris Komisi I DPRD Kaltim Sukmawati. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota DPRD Kaltim Fraksi PAN Sukmawati menyambut positif revisi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim Nomor 7/2017 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika. Mulai 2022 mendatang, revisi perda tersebut bakal masuk kedalam pembahasan skala prioritas Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Melalui revisi tersebut, Sukmawati berharap generasi muda bisa terbebas dari pengaruh narkotika. Dengan kata lain, revisi kali ini ditujukan memperkecil peredaran narkotika di tengah masyarakat.

“Jadi dengan adanya perda itu mudah-mudahan generasi akan datang kita bisa meminimalkan penyebaran narkoba dan narkotika agar tidak terlalu luas. Minimal diperkecil sekup peredarannya,” harap legislator dari Dapil PPU-Paser itu, Rabu (1/9/2021).

Selaku mantan Camat Kuaro Kabupaten Paser, Sukmawati sudah melakukan pencegahan penyebaran narkotika di daerahnya. Dia membeberkan sudah sejak lama narkotika mengincar generasi muda di pedesaan.

“Bahkan di desa itu saya pernah mendapatkan mereka. Waktu saya jadi camat pernah bertemu langsung anak-anak yang ngelem. Mungkin dari situ mereka sedikit-sedikit berani mencoba karena ada yang mengiming-imingi,” ungkapnya.

Berkaca dari pengalamannya itu, Sukmawati sangat mengaapresiasi dengan direvisinya perda tersebut. Sebab ia merasa anak-anak saat ini kondisinya sudah terjepit dengan peredaran narkotika atau narkoba.

“Di samping itu juga kalau sudah ada perubahan perda mudah-mudahan ada gregetnya. Sehingga anak bangsa bisa mengacu ke perda itu agar takut supaya merubah mental mereka,” terang Sekretaris Komisi I tersebut.

Terlebih saat ini sudah memasuki era globalisasi dengan ditandainya pemindahan IKN di Kaltim. Sukmawati mengimbau agar semua pihak mengawal pemindahan IKN agar terhindar dari ancaman peredaran narkotika.

“Apalagi terkait dengan narkotika dan narkoba karena sudah merambat ke desa bukan kota lagi penyebarannya,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top