POLITIK

Komisi II DPRD Kutai Kartanegara Pertanyakan TPI yang Belum Beroperasi

Komisi II DPRD Kukar saat berkunjung ke TPI Kota Bangun.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Belum beroperasinya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Perairan Darat Wilayah Sungai Mahakam di Desa Liang, Kecamatan Kota Bangun mendapat sorotan Komisi II DPRD Kutai Kartanegara (Kukar). Sorotan datang ketika Komisi II DPRD Kutai Kartanegara melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Kota Bangun, Kamis (2/9/2021).

Ketua Komisi II DPRD Hamdan mempertanyakan keberadaan TPI yang setelah diresmikan 2020 lalu hingga saat ini belum beroperasi memberikan pelayanan ke nelayan. TPI ini juga belum menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kukar melalui Kasie Pengelolaan TPI Syahrul menjelaskan, upaya sosialisasi keberadaan dan pemanfaatan TPI sudah pernah dilakukan. Yaitu dengan mengundang para kepala desa dari beberapa kecamatan yang memiliki potensi perikanan tangkap. Namun begitu, memang belum bisa mengarahkan aktivitas bongkar hasil nelayan ke TPI.

Atas hal tersebut, Anggota Komisi II Azhar yang juga pelaku usaha perikanan menyatakan perlu dilakukan upaya yang lebih masif. Khususnya kepada pelaku usaha perikanan mulai dari nelayan dan pembeli besar dari luar kota. Komisi II, sebut Azhar, bakal membantu dengan pendekatan dan sosialisasi. Baik melalui kegiatan informal maupun saat kunjungan kerja berikutnya.

Hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua DPRD Didik Agung Eko Wahono, Ketua Komisi II Hamdan, berikut anggota Sopan Sopian, Doni Ikhwan, Budiman, Azhar Nuryadi dan Firnadi Ikhsan. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top