KULINER

Martabak Jadi Makanan Paling Banyak Dipesan di Masa Pandemi

Ilustrasi martabak telur. (Foto: istimewa)

DATA Laporan Tren Kuliner Grabfood pada Sabtu (7/8/2021) yang dihimpun dari NielsenIQ mengungkapkan martabak menjadi makanan paling banyak dipilih oleh masyarakat selama pandemi melalui layanan pesan-antar makanan. Survei kuantitatif dan kualitatif itu menyebutkan orang Indonesia sangat menyukai martabak.

Di 2020 terdapat hampir tujuh juta pemesanan martabak melalui layanan pesan-antar makanan. Tak hanya itu, makanan cepat saji, aneka menu ayam dan bakso juga menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Teh susu dengan jenis hazelnut, juga menjadi minuman paling favorit. Bahkan tiap 10 detik, ada satu teh susu hazelnut yang masuk dalam pemesanan. Laporan Tren Kuliner Grabfood juga menyebut setidaknya ada 10 makanan teratas yang paling dicari yakni makanan cepat saji, martabak, pizza, bakso, ayam, nasi goreng, burger, seblak, mie dan sate.

Masyarakat Indonesia juga kerap memesan makanan melalui layanan pesan-antar berdasarkan waktu tertentu dengan pilihan makanan yang berbeda. Untuk pagi hari atau biasa disebut sarapan, menu yang paling banyak dipilih adalah bubur ayam, perkedel, brownies, sate usus, mie ayam, bakwan, soto ayam dan tempe.

Untuk minumannya, masyarakat suka memesan es teh manis, kopi susu dan es jeruk. Anggaran yang dikeluarkan untuk memesan menu sarapan berkisar antara Rp 25 ribu-Rp 27 ribu dan biasanya pada pukul 09.00-10.00. Pemesanan kopi dan teh saat sarapan juga tumbuh 20 persen di tahun 2020.

Saat makan siang, masyarakat cenderung memilih menu mie goreng pedas, ayam geprek, perkedel, nasi rendang, nasi ayam bakar, ayam goreng, udang rambutan dan siomay.

Untuk pilihan minuman yang paling banyak dipesan adalah kopi susu, kopi susu gula aren, es teh, teh susu cokelat hazelnut dan es jeruk. Waktu pemesanan rata-rata pada pukul 11.00-12.00 dengan biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp 34 ribu-Rp 36 ribu.

Makan malam biasanya dinikmati bersama-sama dengan keluarga atau rekan. Menu yang paling banyak dipesan adalah sate ayam, lontong, udang rambutan, mi goreng pedas, nasi goreng ayam, ayam goreng pedas dan ayam geprek.

Minuman yang menjadi favorit untuk menemani makan malam adalah es teh, es jeruk dan kopi susu. Waktu pemesanan rata-rata pukul 18.00-19.00 dan kisaran biayanya antara Rp 37 ribu – Rp39 ribu.

Di luar jam makan utama seperti sore atau selepas waktu makan malam, masyarakat Indonesia juga kerap memesan makanan.

Jam santai sore atau didefinisikan sebagai pesanan pada pukul 14.00-17.00, orang lebih banyak memilih menu seperti mie goreng pedas, udang rambutan, ayam geprek, siomay, udang keju, ayam goreng pedas, kentang goreng, ayam bakar, teh susu cokelat hazelnut, kopi susu, es teh, kopi susu gula aren, es susu boba gula merah dan es jeruk.

Orang Indonesia juga hobi menikmati makanan ringan di malam hari seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, es krim, ayam popcorn pedas, lontong, sate ayam, es teh, es jeruk dan teh susu. Pesanan makanan ini biasanya pada pukul 22.00-06.00. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top