METROPOLIS

Kutai Kartanegara Masuk PPKM Level 4, Pemkab Fokus Penanganan di Hulu

Bupati Kukar Edi Damansyah (dua dari kiri) saat memantau kondisi gedung PKM di Tenggarong Seberang. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sejak 26 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang. Bupati Kukar Edi Damansyah menyatakan, dalam masa PPKM level 4 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan fokus penanganan Covid-19 di bagian hulu.

Penanganan di bagian hulu yaitu dengan memperketat testing, tracing dan treatment (3T). Pasalnya virus varian delta ini memiliki daya penyebaran lebih cepat.

Lebih lanjut diuraikan, Pemkab bakal meningkatkan perhatian yang lebih besar pada pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Penyebaran pada klaster keluarga juga akan lebih diantisipasi.

“Kami juga membuat pemetaan kantung penyebaran yang mudah terjadi. Pada komunitas atau kegiatan tertentu. Ini juga upaya pencegahan kami,” beber Edi.

Dia menjelaskan, pemanfaatan gedung Putri Karang Melenu (PKM) menjadi rumah sakit (RS) darurat sejatinya sudah siap. Dalam hal ini ada sekira 100 tempat tidur yang dapat digunakan.

Menambahkan Edi, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar Martina Yulianti mengungkapnjika bakal kembali merekrut relawan Covid-19 dari unsur bidan. Supaya meningkatkan pelayanan pada pasien Covid-19 yang terus bertambah. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top