METROPOLIS

Delapan Daerah di Kaltim Masuk Level 4, Wagub Sebut Jangan Terpaku Kebijakan Pusat

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengingatkan semua pihak terkait di daerah agar tidak terpaku pada kebijakan pusat. Hal ini setelah delapan daerah di Kaltim masuk penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

“Saya rasa istilah tidak terlalu penting, tapi bagaimana kita lebih fokus menyikapi kondisi,” kata Wagub Hadi Mulyadi di Kantor Gubernur Kaltim dalam siaran resmi.

Karenanya, lanjut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, instansi terkait di tingkat provinsi bersama kabupaten dan kota dibawah komando bupati dan wali kota terus bergerak dalam penanggulangan situasi dan kondisi. Selain upaya penanganan juga bagaimana intensif melakukan gerakan penyadaran bagi masyarakat, agar ikut aktif terlibat dalam memitigasi kasus Covid-19.

“Pak Gubernur sudah berulang kali menegaskan betapa pentingnya pencegahan dari hulu, yaitu masyarakat secara sadar dan disiplin mematuhi anjuran pemerintah,” jelasnya.

Maka, para kepala daerah, bupati maupun wali kota secara terus-menerus menggugah warganya agar mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah. Menurut orang nomor dua Benua Etam ini, para bupati dan wali kota lebih mengetahui kondisi daerah serta karakter masyarakatnya.

“Kami yakin apapun kebijakan bupati dan wali kota, pastilah hal terbaik bagi masyarakat dalam situasi pandemi ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, pemerintah provinsi dalam hal ini gubernur sifatnya koordinatif. Sedangkan bupati dan walibkota yang memiliki kewenangan multak pengambil keputusan (eksekutor).

“Dalam situasi pandemi ini, provinsi terus berkoordinasi dengan bupati dan wali kota, terutama dalam penanggulangan wabah secara bersama. Bahkan Gubernur telah memgambil kebijakan menyalurkan bantuan bersumber APBD provinsi bagi masyarakat Kaltim,” pungkasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top