POLITIK

Legislator Kutai Kartanegara Ingin Masyarakat Loa Janan Nikmati Air Bersih

Ketua Komisi I Supriyadi saat meninjau peningkatan kapasitas produksi air bersih di IPA Bakungan. (Foto: Dan/Kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Supriyadi berharap masyarakat di Kecamatan Loa Janan bisa menikmati air bersih yang diolah PDAM Tirta Mahakam (Tirma) secara penuh. Harapan itu disampaikan saat melakukan kunjungan melihat perbaikan peningkatan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Desa Bakungan belum lama ini.

“Kami lakukan sidak ini, karena sebagian masyarakat Loa Janan mengeluh tidak bisa menikmati air bersih secara full time,” ucap Supri.

Politisi PAN Kukar ini mengakui, sudah lama masyarakat yang ada di Desa Bakungan, Loa Duri Ilir dan Ulu, belum bisa menikmati air bersih secara penuh. Karena kapasitas produksi air bersih dari IPA Bakungan kapasitas produksinya masih kecil.

“Makanya IPA Bakungan mau ditingkatkan produksinya, dari 20 liter per detik menjadi 40 liter per detik,” tegas Supri.

Supri selaku anggota DPRD, akan mendukung program pengembangan peningkatan kapasitas air bersih di wilayah Loa Janan. Karena air bersih merupakan kebutuhan masyarakat yang paling vital.

“Kalau urusan air bersih kami pasti dukung, ” sebutnya.

Dukungan lainnya demi memenuhi kebutuhan air bersih di Loa Janan yaitu pipanisasi sebagai pendukungnya. Jika tidak didukungan pipanisasinya, peningkatan kapasitas air juga akan terkesan sia-sia saja.

“Kami akan perjuangkan pipanisasinya di APBD Perubahan 2021 ini,” sebut Supri.

Sementara itu Dirut Perumda Tirma Kukar, Suparno menjelaskan, jika tidak ada halangan proses peningkatan kapasitas produksi air bersih di IPA Bakungan akan selesai pada September 2021 nanti.

“Kami juga tidak terburu-buru dalam pengerjaannya, yang penting hasil pembangunannya berkualitas,” terang Suparno.

Dia meminta masyarakat yang ada di tiga desa yang belum bisa menikmati secara penuh air bersih diharapkan bisa bersabar. Belum lagi setelah proyek peningkatan IPA Bakungan selesai, ada lagi proses pembangunan pipanisasi, demi mendukung kelancaran distribusi air bersih.

“Setelah akan ada pekerjaan pipanisasinya, ini sudah kita usulkan di APBD kabupaten dan provinsi,” pungkasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top