METROPOLIS

Satgas Covid-19 Kukar Perketat PPKM Mikro Selama 10 Hari

Wabup Kukar Rendi Solihin saat memantau langsung PPKM mikro secara ketat di posko Perjiwa.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Satgas Covid-19 Kutai Kartanegara (Kukar) mulai memberlakukan pengetatan PPKM Mikro per tanggal 10 sampai 20 Juli 2021. Pengetatan ini diberlakukan pemeriksaan secara ketat bagi perlaku perjalanan dari luar yang ingin masuk ke Kukar.

“Kami harus berlakukan perketatan PPKM Mikro selama 10 hari, melihat kondisi riil kenaikan jumlah pasien Covid-19 di Kukar cukup tinggi,” ucap Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, saat memantau posko PPKM mikro di tiga lokasi dari lima lokasi yang disiapkan, Sabtu (10/7/2021) pagi.

Rendi merinci, dari data yang diterimanya terakhir kali, Pemkab Kukar sudah menangani 13.898 pasien positif Covid-19, yang didominasi masyarakat Kukar sekira 13 ribu, dan yang mengalami meninggal dunia tembus 257 orang.

Di posko Desa Perjiwa, yang menjadi pintu masuk ke Kota Tenggarong, Rendi sempat menginterogasi beberapa pengendara mobil dan sepeda motor yang hendak masuk ke Tenggarong. Dia ingin memastikan, apabila ada orang luar Kukar yang tidak punya kepentingan mendesak, silakan kembali lagi. Hal ini dipertegas kepada petugas jaga posko yang terdiri dari gabungan Polres, Pol PP, BPBD, dan Dishub Kukar, serta tambahan personel Kodim 0906 Tenggarong.

“Kepada warga luar Kukar yang tidak punya kepentingan, silakan disuruh putar balik lagi,” pinta Rendi kepada petugas jaga posko.

Rendi memastikan, pelaksanaan PPKM mikro diperketat, bertujuan juga memberikan edukasi masyarakat Kukar agar tidak lengah. Agar RS yang ada di Kukar tidak makin penuh dan masyarakat yang meninggal dunia akibat Covid-19 tidak makin banyak.

“Ingat tenaga medis sudah bekerja keras dan sangat kelelahan, giliran kita masyarakat yang membantu dengan cara menerapkan prokes yang ketat,” jelasnya.

Wabup Kukar Rendi Solihin saat memantau langsung PPKM mikro secara ketat di posko Perjiwa.

Ditambahkan Sekda Kukar Sunggono, kegiatan kali ini betul-betul PPKM diperketat. Penjelasan lebih lanjut terkait PPKM mikro diperketat, akan dibuat surat edarannya dan akan disosialisasikan dalam dua hari ini.

“Kami ini sudah berupaya keras memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kukar. Seperti merutinkan uji sampel swab antigen juga sudah kami lakukan,” kata Sekda. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top