METROPOLIS

Kades di Kutai Kartanegara Wajib Bantu Pemkab Tangani Covid-19 Pakai Dana Desa

Sekda Kukar Sunggono saat memimpin rapat. (Foto: Prokom Kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menyampaikan agar setiap desa tetap waspada Covid-19. Dalam hal ini kepala desa (Kades) mempunyai kewenangan, kewajiban dan kemampuan membantu pemerintah kabupaten (Pemkab) dengan cara pemanfaatan delapan persen anggaran dana desa untuk penanganan Covid -19.

“Dalam pengertian inilah saya mohon semuanya bersepakat bagaimana caranya anggaran yang delapan persen itu, benar- benar tepat sasaran, untuk pemanfaatan penanganan Covid-19 di masing-masing desa, sehingga memungkinkan penurunan angka warga Marang Kayu yang terkonfirmasi positif,” ujar Sunggono saat memimpin rapat koordinasi (rakor) Satgas Covid-19 dengan Tim Pos Lapangan Penanganan Covid-19 di Kecamatan Marang Kayu, Rabu (7/7/2021).

Anggaran 8 persen tersebut, ungkap Sunggono, digunakan untuk mendirikan pos penutupan wilayah masing-masing desa yang dianggap urgen. Atau bisa saja digunakan untuk membeli peti jenazah yang selama ini mungkin tidak tersedia di masing-masing desa.

Sunggono menegaskan jangan sampai ada masyarakat yang meninggal di rumah dengan kasus positif Covid-19, sehingga kegiatan untuk pemakamkannya dilakukan secara standar seperti biasa waktu meninggal tanpa prosedur Covid-19.

“Nah itu yang kami khawatirkan akan menjadi sumber penyebaran dan mungkin menjadi tidak terkendali,” pesannya.

Kecamatan Marang Kayu sendiri saat ini mencatat kasus terkonfirmasi Covid-19 yang cukup tinggi. Ada tiga desa, yaitu Desa Sebuntal, Kersik, dan Desa Semangkok. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top