POLITIK

Silpa Kaltim Capai Rp 2,9 Triliun, Wakil Rakyat Dorong Pemprov Gerak Cepat

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mengimbau masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bergerak cepat dalam penyerapan anggaran.

Hal tersebut dia ungkapkan usai mengikuti rapat paripurna belum lama ini. Dirinya pun mengungkapkan ada sedikit catatan terkait laporan pertanggungjawaban APBD Kaltim tahun 2020.

Pasalnya, Sigit menilai jika Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (Silpa) Kaltim pada 2020 tembus Rp 2,9 Triliun. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan 2019 lalu yang hanya tersisa Rp 2,2 triliun.

Munculnya Silpa tahun ini ditenggarai karena serapan anggaran pada masing-masing OPD masih minim. Akhirnya, terdapat realisasi pendapatan lebih dari yang dianggarkan.

Terlebih Sigit mengungkapkan jika SILPA sebesar Rp 2,9 triliun itu terjadi karena kinerja dan situasi kondisi bangsa Indonesia yang dilanda pandemi Covid-19.

“Makanya terjadilah Silpa tersebut, dari kita secara rinci tidak menjelaskan silpa itu dari mana saja. Entah kegiatan belum dilaksanakan atau mungkin hasil sisa lelang yang belum terlaksana,” terang Sigit, Senin (5/7/2021).

Sebab jika Silpa tidak terserap, Sigit menyebutkan jika pembangunan di Kaltim akan melambat tahun ini. Bahkan, beberapa proyek Multi Years Contract (MYC) diperkirakan akan tertunda dikarenakan tender yang terlambat.

“Ada catatan-catatan terkait Silpa.Jadi silpanya itu sebesar Rp 2,9 triliun hampir Rp 3 triliun,” tandas Ketua DPW Partai Amanat Nasional Kaltim itu. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top