METROPOLIS

Satgas Covid-19 Kutai Kartanegara Gencar Sidak Prokes di Tempat Keramaian

Suasana sidak dan tes swab antigen yang dilakukan tim gabungan Satgas Covid-19 Kukar. (foto: Prokom KUKAR)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 terus berupaya mencegah penularan Covid-19 yang terus terjadi. Salah satu upayanya yaitu melakukan inspeksi mendadak (sidak) protokol kesehatan (prokes), sebagaimana di pusat keramaian, Kecamatan Tenggarong, Sabtu (3/7/2021) malam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono yang memimpin sidak menjelaskan, kegiatan tersebut adalah bagian tindak lanjut surat edaran Bupati Kukar nomor B-1159/DINKES/065.11/06/2021 tanggal 24 Juni 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tim yang terdiri anggota Kodim 0906 Tenggarong, Polres Kukar, Satpol-PP Kukar, BPBD Kukar, Dishub Kukar, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar ini melakukan sidak ke beberapa lokasi. Di antaranya angkringan yang di pelabuhan depan Museum Mulawarman, kafe dan warung makan yang berada di areal Pasar Seni Tenggarong, serta angkringan dan arena olahraga Gedung Bulu tangkis yang terletak di parkiran Stadion Rondong Demang.

Pada pelaksanaan sidak ini dilakukan swab antigen secara acak oleh anggota satgas Covid-19 terhadap pekerja dan pengunjung, khususnya yang belum mengikuti program vaksinasi.

“Dari hasil pemantauan kami di lapangan masih banyak kegiatan masyarakat yang belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Sunggono.

Lebih lanjut dijelaskan, selama dua pekan ke depan kegiatan serupa akan terus dilakukan, dengan lokasi dan waktu pelaksanaan ditentukan secara acak. Diharapkan melalui kegiatan tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan protokol kesehatan serta vaksinasi yang akhirnya kegiatan tersebut akan berjalan lurus dengan penurunan jumlah pasien positif Covid-19 di Kukar. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top