INTERNASIONAL

Pesawat Militer Kontra Pemberontak Jatuh, Tewaskan Puluhan Orang di Filipina

Pesawat jatuh di Filipina. (Foto: EPA-EFE)

PESAWAT Angkatan Laut Filipina yang mengangkut 96 penumpang dan jatuh pada Ahad (4/7/2021). Menurut panglima militer Cirilito Sobejana, kecelakaan ini menewaskan 47 orang.

Sebanyak 49 anggota militer terluka dalam insiden tersebut, kata Sobejana kepada Reuters, Senin (5/7/2021). Departemen Pertahanan Nasional pada Ahad mengatakan tiga warga sipil di lapangan juga ikut tewas, sementara empat lainnya cedera.

Pesawat angkut Lockheed C-130, yang membawa pasukan operasi kontra pemberontakan, melampaui landasan pacu setelah mendarat di bandara Jolo di Provinsi Sulu selatan, menurut juru bicara militer, Kolonel Edgar Arevalo.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengatakan telah menginstruksikan penyelidikan, yang mulai dilakukan setelah operasi pencarian dan penyelamatan selesai. Militer tidak melihat adanya tanda-tanda serangan terhadap pesawat.

Sulu, sekitar 950 km selatan Ibu Kota Manila, merupakan benteng milisi kelompok Abu Sayyaf, yang terkenal atas pembajakan dan terlibat bentrok dengan militer. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top