POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Pertanyakan Progres Perubahan Status Unikarta Jadi PTN

Ketua Komisi III DPRD Kukar Andi Faisal. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Komisi III DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) mempertanyakan progres perubahan status Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Kendala aset disebut menjadi sebab Unikarta masih menyandang status perguruan tinggi swasta (PTS).

Ketua Komisi III DPRD Kukar Andi Faisal menyatakan pihakan hendak mempertegas kembali kelanjutan persoalan Unikarta. Khususnya tindak lanjut rapat dengar pendapat (RDP) pada November 2020 lalu yang disebut belum ada perkembangan.

“Karena seperti kita lihat bersama yang saat ini ramai terjadi di SMU Melati Samarinda. Jangan sampai persoalan seperti ini terjadi di Unikarta, yang malu kan kita semua apalagi dunia pendidikan ini jangan sampai tercoreng dengan masalah-masalah yang tidak pantas,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Andi Faisal berharap persoalan Unikarta segera selesai dan ada kepastian oleh pemangku kebijakan bagi kepentingan Kukar keseluruhan. Bila memang ada rencana ubah status jadi negeri, jangan dibiarkan berlarut-larut.

“Kalau ada yang perlu dihibahkan segera saja dilakukan,” sebutnya.

Dalam hal ini, sambung Andi Faisal, semua stakeholder mesti dapat duduk bersama. Supaya upaya bersama untuk menjadikan Unikarta berstatus negeri bisa dikerjakan secara bersama-sama.

“Saya juga berharap kepada Sekda selaku pucuk pimpinan ASN dan seluruh pemangku kepentingan, internal Unikarta dan pihak yayasan Unikarta serta Pemerintah Kutai Kartanegara duduk bareng untuk mensinkronkan ini masalah. Kalau DPRD ini prinsipnya kita mendukung saja,” tandasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top