METROPOLIS

Nyatakan Perang Lawan Narkoba, Kutai Kartanegara Dukung Indonesia ‘Bersinar’

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin (kiri), saat mengikuti peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021. (Foto: prokom kukar)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menyatakan tekad siap memerangi narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (Narkoba). Ini dilakukan demi mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar), sebagaimana yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin usai mengikuti peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021, Senin (28/6/2021) mengungkapkan, saat ini ada 173 desa dari seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai Desa Bersinar untuk memerangi narkoba yang terus meningkat setiap tahunnya.

Dia menyebut Pemkab Kukar telah melakukan pemetaan pengembangan Desa Bersinar di beberapa titik. Salah satunya Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang yang menjadi pilot project dari Kabupaten Kukar untuk Desa Bersinar tersebut.

“Berdasarkan dari pemetaan daerah rawan yang ada di Kukar, Provinsi Kaltim. Kukar cukup banyak wilayahnya dalam status bahaya ada sebanyak 58 Kelurahan dan Desa. Ini menjadi kekhawatiran bersama terkait penyalahgunaan narkotika yang beredar di Kukar,” papar Rendi.

Untuk itu, Pemkab Kukar terus bersinergi dengan aparat penegak hukum dalam memerangi narkoba. Menurutnya tugas memerangi narkotika bukan hanya BNN saja namun harus adanya kerja sama antara penegak hukum, kepala daerah, masyarakat dan tokoh agama.

Untuk itu Rendi berharap Pemkab Kukar bisa terus menekan angka penyalahgunaan narkoba di Kukar.

“Sekarang sangat mengkhawatirkan karena banyak sekali peredaran jenis baru dengan harga murah dan mudah didapat sedang berkembang di beberapa wilayah Kukar seperti lem dan tumbuhan Keratom Borneo yang sangat berpotensi disalahgunakan oleh masyarakat,” tandasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top