POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Bakal Awasi Kasus Korupsi PT MGRM hingga Tuntas

Ketua Komisi I DPRD Kukar Supriyadi. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) bakal mengawasi kasus korupsi PT Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM) hingga tuntas. Komitmen ini disuarakan Ketua Komisi I DPRD Kukar Supriyadi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait upaya mengawal dugaan korupsi Participating Interest (PI) PT MGRM, Senin (28/6/2021).

RDP ini merupakan tindak lanjut dari kedatangan warga yang tergabung dalam aliansi Bubuhan Suara Rakyat (Busur). Kedatangan mereka meminta DPRD dan Pemkab Kukar secara aktif mengawal kasus ini hingga selesai.

Busur memberikan tiga tuntutan utama meliputi DPRD Kukar dapat proaktif mengawal kasus ini hingga tuntas. Dewan juga diminta mengawasi Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim yang melakukan proses hukum, agar terbuka dan transparan, serta akuntabel.

Tuntutan terakhir yaitu DPRD Kukar memberikan fungsi evaluasinya dan pengawasan terhadap pengelolaan BUMD supaya bisa berjalan dengan baik ke depan.

Supriyadi yang memimpin jalannya rapat membeberkan, kasus korupsi yang diduga merugikan Pemkab Kukar hingga Rp 50 miliar menjadi pelajaran untuk evaluasi ke depannya.

“Persoalan hukumnya kami serahkan ke hukum yang berlaku. Kami memberikan dukungan dan bakal mengawal kasus ini hingga tuntas,” tuturnya.

Senada dewan, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) PT MGRM Iqbal Nasution juga menyerahkan proses hukumnya ke pihak yang berwajib. Sembari menunggu keputusan yang dihasilkan dari proses persidangan kelak. PT MGRM, sebut Iqbal, sedang berfokus pembenahan internal. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top