HUKUM & KRIMINAL

Putusan Pengadilan Perkara Narkoba Diharapkan Bisa Bikin Efek Jera

Ilustrasi.

SAMARINDA, Kate.id – Wali Kota Samarinda Andi Harun berharap putusan pengadilan pada perkara narkoba bisa memberikan efek jera kepada para pelakunya. Hal ini diungkapkan usai menghadiri peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) secara virtual, Senin (28/6/2021) siang.

Andi Harun menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu jajaran Polresta Samarinda telah berhasil mengamankan dan menangkap sebanyak 13 kilogram. Itu sebagai tanda bahwa Samarinda menjadi salah satu pusat peredaran narkoba yang datang dari luar.

“Menyikapi kejadian ini, Pemkot Samarinda dan saya sebagai Wali Kota Samarinda telah berkoordinasi dengan pihak Polresta Samarinda untuk meningkatkan pencegahan dan pengawasan serta penegakan hukum. Dan saya meminta kepada lembaga yudikatif agar putusan-putusan perkara narkoba bisa membuat efek jera sehingga tidak mudah bagi para pengguna, pelaku, dan pengedar atau bandar,” ujarnya dalam siaran resmi Pemkot Samarinda.

Karena lanjut Andi Harun, semua lembaga yang terkait dengan narkoba harus bersinergi, tidak cukup dengan hanya Polisi atau BNN. Ketika pelaku diamankan dan disidangkan, lalu di pengadilan mereka mendapatkan vonis ringan, ini membuat pemberantasan narkoba menjadi lamban.

“Tetapi kalau unsur penegakan hukumnya tegas dan proses pengadilan mendapatkan hukuman maksimal, kita yakin bahwa akan efektif untuk mencegah dan membuat yang terlibat dalam bisnis narkoba, pemakai, dan pengedar menjadi jera,” ungkap Andi Harun.

Selain itu kata dia, sosialisasi dari pemerintah secara terpadu bersama TNI, Polri, dan masyarakat harus digalakkan. Terutama dengan melibatkan segala unsur elemen masyarakat dalam rangka mengedukasi betapa pentingnya generasi yang bebas dan bersih dari narkoba.

“Karena ancaman masa depannya selalu menghadang,” tukasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top