METROPOLIS

Wabup Kutai Kartanegara Ingin Jalan Tembus ke Bandara APT Pranoto Segera Terwujud

Wabup Kukar Rendi Solihin. (Foto: Dan/kate.id)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin berkeinginan jalan pendekat menuju Bandara APT Pranoto dari Desa Manunggal Jaya Tenggarong Seberang bisa segera terwujud. Agar bisa segera dinikmati masyarakat Kukar dan Samarinda.

Rendi menyatakan ada upaya yang akan dilakukannya untuk mewujudkan agar jalan tembus itu segera terealisasi.

“Kami punya target, jalan tembus Tenggarong Seberang ke Bandara APT Pranoto bisa dilalui secepatnya,” ujar Rendi belum lama ini.

Dia mengklaim wilayah Kukar sudah disemenisasi di Desa Manunggal Jaya. Sedangkan jalan yang masuk kewenangan Pemkot Samarinda belum diperbaiki juga dan masih berkontur tanah merah.

Orang nomor dua di Pemkab Kukar ini berujar, jalan yang belum disemenisasi oleh Pemkot Samarinda sekira 3 kilometer lebih. Rendi sangat yakin jika jalan ini tembus, maka perekonomian Kukar pada umumnya, dan Kecamatan Tenggarong Seberang akan makin pesat.

“Dari Kubar, Mahulu dan sebagian Kecamatan di Kutim, jika mau ke Bandara APT Pranoto bisa melalui Tenggarong Seberang karena lebih singkat, jika harus melewati Samarinda Kota,” ucapnya.

Rendi menambahkan, dirinya secepat mungkin akan melakukan koordinasi dengan Pemkot Samarinda guna mendorong, agar jalan yang menjadi wilayah Samarinda tersebut segera diperbaiki.

“Jika jalannya sama-sama bagus, maka saling menguntungkan satu sama lainnya. Masyarakat yang akan merasakan secara langsung, kami pastikan sektor pertanian akan makin pesat,” urainya.

Rendi memastikan, Kecamatan Tenggarong Seberang sebagai wilayah lumbung pangan Kukar. Jika jalur Tenggarong Seberang dekat dengan jalan menuju Bandara APT Pranoto, maka akan lebih memudahkan jalur distribusi pangan.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono juga menyayangkan jalan pendekat tersebut belum juga diperbaiki oleh Pemkot Samarinda. Oleh karena itu pihaknya akan memperjuangkan juga agar jalan tersebut segera diperbaiki. Karena jalan tersebut, masih struktur tanah liat, jika hujan sangat sulit dilewati.

“Kami berharap Pemprov Kaltim bisa bantu juga persoalan jalan tersebut, mengingat jalan tersebut bisa menghubungkan kabupaten satu dengan kabupaten lainnya, ” tuturnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top