METROPOLIS

Sambut Peluang Ibu Kota Negara, Pemuda Desa Dorong Peningkatan Kualitas SDM

Dialog Publik HMP Unmul bersama Karang Taruna Desa Batuah. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Rencana pemindahan ibu kota negara baru (IKN) di Provinsi Kaltim bakal mendatangkan peluang untuk masyarakat sekitar. Tak terkecuali, bagi para generasi muda yang berada disekitar pusat pemerintahan IKN.

Guna menyambut hal itu, pemuda desa aktif mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) demi terciptanya peluang baru.

Untuk itu dalam rangka menyambut IKN, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mulawarman (HMP Unmul) bersama Karang Taruna Desa Batuah, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan dialog publik yang bertemakan “Membangun Kualitas SDM Batuah, Menyambut IKN Baru Indonesia” di Gedung BPU Desa Batuah pada Rabu (23/6/2021).

Dengan menghadirkan narasumber di antaranya Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid, Akademisi Unmul Aji Sofyan Effendi, Tokoh Pemuda Kaltim Andi Andis dan Ketua Karang Taruna Batuah Muhammad Taufik.

Megawali dialog publik, Ketua Bidang Sosial Politik HMP Unmul Muhammad Hasbi menilai peningkatan kualitas SDM di Desa Batuah sangat perlukan. Dikarenakan Desa Batuah sangat dekat dengan pembangunan IKN.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Batuah untuk mempersiapkan diri sekarang. Agar kemudian kita yang putra daerah tidak tersisih atau bahkan jadi penonton di daerah kita,” ucap Hasbi.

Pada kesempatan berikutnya, Abdul Rasyid selaku Kepala Desa Batuah ingin SDM di Desa Batuah dipersiapkan dari sekarang. Menurutnya, persiapan itu sangat penting guna meningkatkan daya saing dengan SDM dari luar.

Seperti contohnya, program kewirausahaan masyarakat Desa Batuah yang memanfaatkan hasil buah untuk dijadikan sebagai jajanan khas Batuah.

“Saya akan berusaha bagaimana Batuah harus manjadi smart vilage nantinya. Dengan kualitas SDM yang akan kami persiapkan dari sekarang untuk mengikuti pelatihan-pelatihan. Nanti akan coba kami laksanakan dengan cara bekerjasama dengan perusahaan,” ujar Rasyid dalam penyampaiannya.

Di akhir dialog, Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah juga akan melakukan Rencana Tindak Lanjut (RTL) berupa pembentukan Tim Percepatan Pembangunan Desa Batuah dalam rangka mempersiapkan seluruh potensi dan peluang yang ada guna menyambut IKN di Kaltim. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top