POLITIK

Revitalisasi Kawasan Eks Pasar Tangga Arung Dapat Dukungan DPRD Kutai Kartanegara

Wakil Ketua DPRD Kukar Siswo Cahyono. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Wacana revitalisasi kawasan eks Pasar Tangga Arung di Jalan Maduningrat dan Jalan Danau Semayang, Kecamatan Tenggarong didukung penuh Wakil Ketua DPRD Kukar Siswo Cahyono. Pasalnya pasar tersebut memang sudah waktunya dilakukan revitalisasi.

“Kami mendukung. Selama ini kan memang pasar yang identik jantungnya memang di sana (Tangga Arung), bukan di Mangkurawang,” sebut Siswo.

Politisi PKB ini berharap dengan adanya revitalisasi, para pedagang yang sempat tersisihkan dapat diakomodasikan kembali. Di satu sisi, keberadaan Pasar Mangkurawang cukup jauh bagi masyarakat yang tinggal di Kelurahan Timbau.

“Ibu-ibu setengah mati kalau belanja di sana karena mereka mengeluhkan jarak tempuh yang jauh. Alhasil belanjanya di pinggiran jalan sekitaran Pasar Tangga Arung,” bebernya.

Sebagai informasi, pasar ini dibangun pada 1984 dengan luasan lahan sekira 3,5 hektare milik pemerintah. Kemudian pada 2017 para pedagang telah dipindahkan ke Pasar Mangkurawang.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kukar menyatakan pihaknya sedang melakukan kajian merevitalisasi menjadi pasar semi modern. Dari total seluruh luasan yang ada, satu hektarenya akan dibuat Ruang Terbuka Hijau (RTH), sedangkan sisanya akan dilakukan penataan lahan parkir dan pasar semi modern.

Dibutuhkan sekira Rp 1 miliar untuk perencanaannya, sementara pembangunannya membutuhkan Rp 200 miliar rupiah, yang diharapkan terealisasi di 2022. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top