SEPAK BOLA

Top Skor Sementara Euro 2020, Ronaldo Samai Rekor Ali Daei

Cristiano Ronaldo. (Foto: Getty Images/Tibor Illyes - Pool)

MEGABINTANG Portugal Cristiano Ronaldo memuncaki daftar top skor sementara Euro 2020 yang sejauh ini didominasi oleh banyaknya gol bunuh diri.

Kiper Slovakia Martin Dubravka dan rekannya Juraj Kucka jadi pemain terkini yang namanya masuk daftar hitam pencetak gol bunuh diri di Euro 2020, ketika mereka kalah telak 0-5 melawan Spanyol pada Kamis dini hari WIB.

Dengan tambahan dari Dubravka dan Kucka, secara keseluruhan sudah ada delapan gol bunuh diri di Euro 2020. Jumlah itu nyaris tiga kali lipat dibandingkan edisi 2016 yang diwarnai tiga gol bunuh diri, padahal turnamen kali ini baru merampungkan fase penyisihan grup.

Sementara itu, Ronaldo mengonversi dua kesempatan tendangan penalti saat Portugal menahan imbang Prancis dalam rangkaian laga pemungkas Grup F di Budhapest, Hongaria.

Dengan dua gol itu, Ronaldo kini bercokol sendiri di puncak daftar top skor sementara Euro 2020 dengan koleksi lima gol, meninggalkan penyerang Republik Ceko Patrik Schick yang belum mampu beranjak dari raihan tiga gol.

Raihan Schick kini disamai oleh kapten Belanda Georginio Wijnaldum, penyerang Belgia Romelu Lukaku, gelandang serang Swedia Emil Forsberg serta bomber Polandia Robert Lewandowski. Sayangnya, Lewandowski dipastikan tidak akan bisa menambah raihan golnya lagi sebab Polandia gagal lolos ke babak 16 besar.

Samai Rekor Ali Daei

Ronaldo mengemas dua gol via sepakan penalti saat Portugal mengimbangi Prancis 2-2 pada laga ketiga Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Sepasang gol tersebut menggenapkan total gol CR7 bersama timnas Portugal menjadi 109 sekaligus menyamai rekor gol untuk timnas dalam pertandingan internasional milik Ali Daei yang bertahan sejak ia pensiun dari timnas Iran 15 tahun silam.

Ronaldo butuh 178 caps untuk pencapaian 109 gol di usia 36 tahun. Sementara Daei capai angka yang sama bareng Iran dalam 145 caps di usia 37 tahun.

Legenda timnas Iran, Ali Daei pun memberikan selamat kepada Cristiano Ronaldo setelah menyamai rekor 109 gol miliknya di kancah internasional yang telah bertahan sejak 2006.

Ronaldo melakoni debut di skuad senior Portugal pada Agustus 2003, tepatnya kala usia 18 tahun, enam bulan dan 15 hari.

Meski begitu, rekor gol internasional pria Madeira itu masih terbentang jauh jika dibandingkan kapten timnas putri Kanada, Christine Sinclair, yang menorehkan 186 gol dari 296 penampilan.

Adapun Portugal lolos dari fase grup lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Pada babak 16 besar, skuad arahan Fernando Santos sudah ditunggu lawan berat lainnya, Belgia, di Stadion de La Cartuja, Sevilla, Senin (28/6/2021) dini hari WIB. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top