SEPAK BOLA

Imbangi Lawannya 2-2, Jerman dan Portugal Lolos 16 Besar Euro 2020

Leon Goretzka mencetak poin untuk Jerman. (Foto: Getty Images)

TIM nasional Jerman dan Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020 menyusul Prancis. Hal ini dipastikan seusai keduanya meraih hasil imbang 2-2 atas lawannya masing-masing.

Jerman meredam perlawanan Hungaria dan mengimbangi lawannya dengan skor 2-2 dalam laga pemungkas Grup F di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Hongaria sempat memberi kejutan melalui Adam Szalai dan setelah Kai Havertz menyamakan kedudukan mereka kembali memimpin lewat Roland Sallai. Leon Goretzka menjadi pahlawan kelolosan Jerman lewat golnya enam menit jelang bubaran waktu normal yang membuat kedudukan imbang.

Dengan hasil tersebut, Jerman finis sebagai runner-up Grup F mendampingi Prancis yang sejak sebelum memainkan putaran pemungkas sudah lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Hongaria yang nyaris menciptakan kisah upik abu dramatis berakhir tetap di dasar klasemen Grup F dengan raihan dua poin, persis dua poin di bawah Portugal.

Jerman yang cuma butuh hasil imbang untuk lolos dan di atas kertas punya segalanya untuk melakukan itu dikejutkan ketika gawang mereka dibobol oleh Szalai saat laga baru berjalan 11 menit. Banyak menguasai bola, Jerman kecolongan di areanya sendiri dan Roland Sallai mengirimkan umpan silang akurat dari jarak jauh yang disambut sundulan apik Szalai demi memperdaya kiper Manuel Neuer dan membawa Hungaria memimpin.

Jerman berusaha memberi respon instan tapi sayang Leroy Sane terjebak offside saat Ilkay Gundogan mengirim umpan terobosan. Pada menit ke-21, Jerman nyaris membuat kedudukan imbang melalui situasi sepak pojok yang dikirimkan dengan baik oleh Joshua Kimmich, sayang sundulan Mats Hummels masih membentur mistar gawang.

Bola masih hidup dan dikirimkan kembali ke dalam kotak penalti di mana Matthias Ginter menyambutnya dengan tembakan voli, tapi arahnya masih terlalu lurus ke pelukan kiper Peter Gulacsi.

Keunggulan 1-0 mampu dipertahankan Hongaria hingga turun minum dan pada menit ke-62 Sallai nyaris menggandakannya lewat eksekusi tendangan bebas yang mampu melewati pagar hidup Jerman, sayang bola masih membentur tiang gawang.

Empat menit berselang publik tuan rumah bersorak riang sebab Havertz mampu menjebol gawang Hungaria untuk membuat kedudukan imbang 1-1. Berawal dari sepak pojok Kimmich yang gagal ditinju Gulacsi, sundulan Hummels membentur beberapa pemain di dalam kotak penalti Hungaria tapi bola jatuh di hadapan Havertz yang tinggal menanduknya ke dalam gawang.

Sayangnya, sorak sorai pendukung Jerman kembali dibungkam sebab dari situasi sepak lanjut gol tuan rumah, Hungaria mampu segera mencetak gol balasan lagi untuk merestorasi keunggulan.

Szalai mengirimkan bola lambung yang mampu dikejar Schafer untuk menanduknya di hadapan Neuer yang sudah tak berkutik. Hongaria dua, Jerman satu pada menit ke-68.

Kendati dalam kondisi terjepit, Jerman terus berusaha tampil tenang dan hasilnya pada menit ke-84 Goretzka mampu menjebol Hongaria untuk membuat kedudukan imbang lagi 2-2.

Berawal dari tembakan Timo Werner yang dihadang barisan pertahanan Hongaria, bola muntah disambar oleh Goretzka untuk menaklukkan Gulacsi. Sejak gol itu, Jerman semakin percaya diri mengendalikan bola hingga menjaga skor 2-2 sampai peluit terdengar.

Jerman yang lolos sebagai runner-up Grup F bakal bertemu musuh bakal melawat ke Wembley menghadapi Inggris dalam babak 16 besar pada Selasa (29/6/2021).

Cristiano Ronaldo (kiri) dalam laga Portugal kontra Prancis. (Foto: Alex Pantling/Getty Images)

Sementara itu tim nasional Portugal lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik selepas bermain imbang 2-2 melawan Prancis dalam laga pemungkas Grup F di Stadion Puskas penalti Cristiano Ronaldo yang membawa Portugal unggul dibalas oleh Karim Benzema untuk Prancis juga dari konversi titik putih.

Benzema lantas membawa Prancis berbalik memimpin hanya untuk disamakan kembali oleh Ronaldo, sekali lagi melalui eksekusi penalti. Hasil tersebut, dibarengi skor imbang 2-2 yang juga terjadi dalam laga Jerman vs Hongaria, membuat Prancis tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup F dengan raihan lima poin.

Sedangkan Portugal hanya lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik persis di bawah Jerman karena kalah head-to-head, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pertandingan babak pertama relatif berimbang, tapi Portugal relatif lebih baik membangun serangan disokong langkah berani Fernando Santos membangkucadangkan Bruno Fernandes dan William Carvalho digantikan Joao Moutinho serta Renato Sanches.

Skor babak pertama juga memperlihatkan keberimbangan itu, yakni 1-1, namun kedua gol lahir dari konversi tendangan penalti yang terlalu murah dihadiahkan oleh wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz kepada kedua tim.

Penalti pertama dihadiahkan untuk Portugal setelah kiper Prancis Hugo Lloris tanpa sengaja berakhir menyikut wajah Danilo Pereira setelah sukses meninju bola. Mateu Lahoz terlihat berkomunikasi dengan VAR tetapi sudah berketapan menghadiahi penalti untuk Portugal serta kartu kuning bagi Lloris tanpa perlu melihat tayangan ulang di monitor tepi lapangan.

Tendangan penalti dihadapi oleh Ronaldo yang dengan dingin memperdaya Lloris demi membawa Portugal memimpin pada menit ke-30.

Portugal tampak nyaman menjaga keunggulan mereka hingga akhirnya, sekali lagi Mateu Lahoz menunjuk titik putih tepat di pengujung waktu normal babak pertama, kali ini menghadiahi penalti bagi Prancis.

Kylian Mbappe jatuh di dalam kotak penalti dari benturan ringan pengawalan Nelson Semedo, tapi Mateu Lahoz meyakini itu cukup untuk baginya menunjuk titik putih. Bekas rekan Ronaldo di Real Madrid, Benzema, menghadapi bola dan dengan dingin menaklukkan Rui Patricio untuk membuat kedua tim turun minum dalam keadaan imbang 1-1.

Selepas turun minum, Prancis segera menggebrak dan Benzema langsung mampu menjebol gawang Portugal lagi pada menit ke-47.

Benzema awalnya harus menghentikan selebrasinya karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside di tepi lapangan, tetapi belakangan ia dan rekan-rekannya betul-betul merayakan keberhasilan membalikkan keadaan 2-1 setelah VAR mengesahkan gol tersebut.

Pada menit ke-58, Mateu Lahoz kembali menunjuk titik putih menghadiahkan tendangan penalti untuk Portugal, tetapi kali ini musababnya lebih minim pro-kontra sebab bola sontekan Ronaldo terlihat jelas mengenai lengan bek Jules Kounde yang tidak dalam postur wajar.

Ronaldo kembali menjadi algojo dan dengan tenang menyarangkan bola ke dalam gawang untuk membuat kedudukan kembali imbang 2-2 pada menit ke-60.

Delapan menit kemudian Prancis seharusnya kembali merestorasi keunggulan jika saja Patricio tidak menepis tembakan Pogba dan mementahkan sepakan sambaran Griezmann atas bola muntahnya.

Sesudah itu pertandingan berangsur-angsur melambat dan skor 2-2 bertahan hingga bubaran.

Sebagai juara Grup F Prancis akan menghadapi Swiss dalam laga 16 besar di Bucharest pada Senin (28/6/2021) pekan depan. Sedangkan Portugal bakal bertemu Belgia di Sevilla, sehari sebelumnya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top