POLITIK

Sampah Berserakan, Legislator Kutai Kartanegara Soroti Kebersihan Taman Kota Raja

Ria Handayani saat mengecek Kawasan Taman Kota Raja. (Ist)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Viralnya postingan warganet yang mengunggah potret sampah yang berserakan di kawasan Taman Kota Raja membuat anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Ria Handayani tergerak. Sabtu (19/6/2021) sore, dia melakukan Inspeksi Mendadak (sidak) ke Taman Kota Raja yang berada di bawah Jembatan Kukar.

“Ya kami ingin melihat langsung seperti apa kondisi riilnya di sini terkait persoalan sampah itu. Dan benar saja masih banyak kami jumpai sampah plastik dan semacamnya berserakan,” tutur Ria.

Menurutnya harus ada upaya penanganan yang tegas dari pemerintah daerah yang membuka kebijakan diizinkannya kawasan Taman Kota Raja menjadi lapak untuk para pedagang. Ria menyatakan tidak mempermasalahkan upaya bersama dalam mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. Akan tetapi hal tersebut harus dikelola secara baik dan sesuai aturan.

“Ini kan kawasan terbuka hijau, harusnya pengelolaannya juga mendepankan kebersihan dan keasrian lingkungan dong. Jangan justru banyak sampah seperti ini. Kalau banyak sampah kan tidak bagus juga untuk kesehatan,” urai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kukar ini.

Apalagi di sisi lain pemerintah tengah menggencarkan upaya bersama penanganan pencegahan Covid-19. Maka dalam hal ini faktor kesehatan mesti diutamakan. Untuk itu, imbuh Ria, kalau memang tidak mampu dikelola secara baik dengan mengedepankan aspek kebersihan dan kawasan terbuka hijau yang berwawasan lingkungan, lebih baik melarang semua pedagang untuk berjualan di taman.

“Kalau memang tidak sanggup mengelola secara baik ya ditutup saja, kan ini kawasan terbuka hijau,” tegas Ria.

Meski demikian, secara pribadi Ria mendukung upaya bersama dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Ditambah kawasan ini juga sudah digemari masyarakat luas, lantaran nyaman digunakan untuk bersantai.

“Tetapi ya harusnya disediakan dong sarana prasarana penunjang agar masyarakat umum turut menjaga kebersihan di tempat ini,” ujarnya.

“Saya lihat untuk para penjual tidak ada tempat sampah, mereka hanya mengandalkan kantong kresek. Jadi memang diharapkan kesadaran yang tinggi para pengunjung untuk turut menjaga kebersihan disini, pemerintah harus tegas,” tandas Ria. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top