METROPOLIS

Semua OPD di Kaltim Diminta Laksanakan Keterbukaan Informasi

Gubernur Kaltim Isran Noor.

BALIKPAPAN, Kate.id – Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan, keterbukaan Informasi menjadi hal penting mewujudkan good governance dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, partisipatif dan akuntabilitas. Karena itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltim harus mampu melaksanakan dan mewujudkan keterbukaan informasi.

“Walaupun pelan-pelan dan tidak bisa dilaksanakan 100 persen. Paling tidak hal-hal yang prinsip bisa dilakukan dengan koordinasi yang baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota,” kata Isran Noor, saat membuka Rakorda Bidang Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, kabupaten/kota se- Kaltim di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (17/6/2021).

Isran menegaskan sekarang ini era digital tetapi masyarakat masih kesulitan mengakses informasi. Seharusnya di era digital saat ini, masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi.

Kenyataannya, lanjut Isran, masih ada OPD atau dinas/instansi yang sudah memiliki website tetapi sulit diakses. Ke depan hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi, semuanya harus diperbaiki sehingga lebih baik lagi.

“Saya berharap seluruh OPD dapat melaksanakan keterbukaan informasi, sehingga masyarakat mudah mendapatkan berbagai informasi,” pesannya.

Isran menambahkan, sesuai amanat UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik semua badan publik wajib membuka semua informasi bagi masyarakat.

“Keterbukaan informasi publik, kita harap masyarakat dapat mengakses apa saja yang mereka butuhkan, sehingga transparansi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyakat lebih baik lagi,” harap Isran. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top