POLITIK

Banyak Program Ditunggu Masyarakat, Legislator Kaltim Ingin Pastikan Lelang Terserap APBD

Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Anggota Komisi III DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry ingin memastikan proses lelang dapat terserap pada APBD Kaltim 2021. Dirinya menyampaikan hal itu saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas PUPR Provinsi Kaltim pada Senin (14/06/2021).

Menurut Sarkowi, banyak program yang sudah ditunggu masyarakat, seperti jalan provinsi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dianggarkan sebesar Rp 54 miliar.

Dia membeberkan jika saat ini ada 640 paket pembangunan yang ada di Kaltim. Khusus paket pembangunan yang digarap Dinas PUPR Kaltim ada 283 paket.

“Kami ingin memastikan kapan dilelang semua, kami khawatirkan di akhir tahun tidak bisa terserap khususnya program di Dinas PUPR,” terang legislator Fraksi Golkar ini.

Di samping itu, masih ada sekira 70 paket lagi yang belum dilelang. Padahal sesuai dengan instruksi oleh presiden, lelang harus dilakukan di awal tahun agar bisa menopang pertumbuhan ekonomi.

“Ini sudah enam bulan, ini kan kalau cepat dilelang otomatis bisa terlaksana dan bisa cepat dinikmati oleh masyarakat,” paparnya.

Selain itu, perubahan regulasi dalam penggunaan sistem elektronik Surat Setoran Pajak Daerah elektronik (eSSPD) juga mempengaruhi lambatnya proses lelang.

Alhasil, banyak kelengkapan administrasi tiap OPD yang lambat. Apalagi program asistensi yang awalnya di Bappeda malah pindah ke BPKAD.

“Kami menekankan ke pemerintah agar program-program pembangunan itu bisa terlaksana dengan baik dan bisa cepat di nikmati oleh masyarakat,” tandasnya. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top