METROPOLIS

Pelihara Lingkungan Hidup, Pemprov Kaltim Siapkan Pergub Penggunaan Plastik

Ilustrasi penggunaan plastik sehari-hari. (Foto: istimewa)

SAMARINDA, Kate.id – Pemprov Kaltim segera membuat peraturan gubernur (Pergub) dalam rangka pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai keinginan Gubernur Kaltim Isran Noor agar memelihara lingkungan hidup dengan baik.

Artinya, melalui Pergub maka masyarakat tidak lagi menggunakan benda atau kantongan plastik. Bahkan benda plastik bisa didaur ulang menjadi bahan bermanfaat.

“Kami minta Dinas Lingkungan Hidup Kaltim bersama Forum Komunikasi Bank Sampah se Kaltim dan perangkat sektor membuat rumusan, sehingga segera mungkin Pergubnya diterbitkan,” sebut Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, Rabu (9/6/2021).

Hadi mengatakan Pergub menjadi dasar Pemerintah Daerah meminta masyarakat, agar selalu membangun lingkungan hidup yang baik. Artinya, peran Forum yang telah dibentuk semakin kuat di lingkungan masyarakat. Dengan begitu kesadaran masyarakat makin besar untuk hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Karena itu, forum yang dibentuk dapat menyosialisasikan maupun mengedukasi masyarakat agar pengelolaan sampah menjadi kesadaran bersama,” jelasnya.

Kepala DLH Kaltim EA Rafiddin Rizal menjelaskan, target pembentukan Pergub pembatasan penggunaan atau pemakaian kemasan plastik sekali pakai bisa diluncurkan 2022. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top