POLITIK

DPRD Kutai Kartanegara Minta Jalan Putus Akibat Aktivitas Tambang Ditindaklanjuti

Ketua Komisi I Supriyadi. (Foto: istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Terputusnya jalan umum di Desa Makarti, Kecamatan Marangkayu mendapat perhatian Komisi I DPRD Kutai Kartanegara (Kukar). Pasalnya diduga jembatan itu terputus akibat aktivitas pertambangan batu bara.

Karenanya, Ketua Komisi I Supriyadi meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar untuk menindaklanjutinya dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Sehingga berikutnya dapat dilakukan pengkajian mendalam tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Insyaallah hasil kajian DLHK Kukar akan dilaporkan ke DPRD kembali untuk mengambil langkah selanjutnya,” tutur politisi PAN ini.

Dijelaskan, masalah ini sempat dibahas dalam rapat dengar pendapat (RDP), Kamis (3/6/2021). Dalam hal ini DLHK Kukar diberi waktu paling lama sepekan usai rapat tersebut.

Perbaikan dianggap urgen lantaran jalan tersebut menjadi salah satu akses penghubung antara Desa Makarti di Marangkayu menuju Kecamatan Tenggarong Seberang. Apalagi ada anggaran daerah terkait pembangunan jalan tersebut.

Camat Marangkayu Rekson Simanjuntak menjelaskan, berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak), pada akses tersebut terjadi penghilangan aset.

Seusai pembahasan di DPRD Kukar, diharapkan pemilik salah satu perusahaan yang dianggap bertanggung jawab atas putusnya jalan tersebut bisa memperbaikinya.

Rekson mengurai, pihaknya mengetahui jalan tersebut rusak sejak sidak April lalu. Dari situ diketahui bila jalan yang awalnya sudah memprihatinkan, kini makin memprihatinkan bahkan tidak bisa dilintasi.

Adapun saat ini pihaknya masih menunggu proses lanjutan dengan data hasil kajian dari DLHK Kukar dan dilaporkan kembali ke DPRD Kukar. Meliputi kemungkinan adanya aset milik masyarakat yang ikut terkena dampaknya.

“Terkait adanya aset milik masyarakat atau tidak yang turut hilang, masih dicari tahu,” pungkasnya. (lan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top