POLITIK

Wakil Rakyat Minta Direksi Perusda Kaltim Terpilih Jangan Cuma Andalkan Penyertaan Modal

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo. (Foto: Ferry/Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo menyampaikan harapan besarnya setelah direktur utama (dirut) dan komisaris baru resmi memimpin perusahaan daerah (perusda). Legislator daerah pemilihan (Dapil) Balikpapan tersebut meminta perusda jangan lagi mengandalkan penyertaan modal.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim melalui tim seleksi (Timsel) independen sebentar lagi akan mengumumkan nama-nama dirut dan komisaris. Yang akan memimpin jalannya beberapa perusda di Kaltim.

Lebih dari itu, Sigit mendorong perusda di Kaltim harus berusaha dan bekerja keras untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau enggak punya jiwa wirausaha agak repot juga. Yang terpenting harus jujur, mau bekerja keras, tapi kalau cuma mengandalkan penyertaan modal itu enggak bener juga,” terang Ketua DPW PAN Kaltim itu saat berbincang, Senin (31/5/2021).

Selain sikap jujur dan pekerja keras, Sigit berharap agar Dirut dan Komisaris Perusda yang baru juga membangun hubungan eksternal yang baik.

“Kemudian mencari investor kerja sama kegiatan-kegiatan supaya mengembangkan Perusda. Kami maunya perusda kita menghasilkan. Kemudian bisa membantu keuangan masyarakat Kaltim,” pintanya.

Dalam pelaksanaannya, Sigit juga mengimbuhkan, jika perbaikan-perbaikan secara keseluruhan Perusda di Kaltim akan dilakukan oleh pemerintah. Yang pertama, melalui restukturisasi kepengurusan direktur dan komisaris.

Setelah perbaikan selesai, DPRD Kaltim juga akan melihat bagaimana perkembangan aset-aset yang dimiliki perusda. Yakni aset perusda akan kembali ditinjau ulang oleh dewan.

“Nanti pengelola ini harus melihat kembali aset-aset kita dimana saja, kemudian mengecek lagi kita kerja sama dengan siapa saja,” urainya.

Namun apabila di tengah jalan perusda malah tidak berkembang, secara tegas Sigit meminta agar aktivitas perusda tersebut dihentikan sementara.

“Kalau yang bisa berkembang dan jalan ya dilanjut,” tandas Sigit. (fer)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top