METROPOLIS

Balitbangda Kutai Kartanegara Gandeng PTN dan PTS Garap Penelitian Daerah

Kepala Balitbangda Kukar, Ahmad Hardi Dwi Putro.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Dalam menjalankan kegiatan riset, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kutai Kartanegara (Kukar) menggandeng beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tanah air. Meski diakui saat ini kegiatan riset Balitbangda memgalami penurunan.

“Kami sudah ada kerja sama dengan Unmul Samarinda dan PTN lainnya di Jawa. Kami juga lakukan kerja sama dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong dan PTS lainnya yang ada di Kaltim, ” ucap Kepala Balitbangda Kukar, Ahmad Hardi Dwi Putro, belum lama ini.

Hardi menjabarkan secara teknis kerja sama kelembagaan tersebut dengan melibatkan para peneliti yang ada di berbagai Universitas tersebut. Mengingat peneliti yang dimiliki Balitbangda Kukar sangat sedikit.

“Keuntungan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang riset,” ujarnya.

Hardi mengakui, peneliti yang dimiliki Balitbangda tidak banyak. Beda dengan dahulu, peneliti yang mengabdi di Balitbangda lumayan banyak.

“Sudah ada yang pindah ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, karena status peneliti tersebut PNS, jadi bisa pindah kapan saja,” jelasnya.

Kegiatan penelitian di Balitbangda tahun ini lebih sedikit, mengingat anggaran Pemkab Kukar saat ini sedang mengalami penurunan, karena pembagian DBH yang diterima Kukar menurun.

“Strateginya, kami buat penelitian sederhana atau berupa kajian ilmiah,dengan menggunakan anggaran yang minim dan mandiri, tetapi tetap dijamin kualitas kajian ilmiah tersebut,” paparnya.

Dirinya menyarankan, kepada OPD jika ada yang perlu kajian ilmiah di internalnya, bisa menggandeng Balitbangda Kukar. Sebagai bagian mendukung satu kesatuan program pemerintah.

“Kami siap membantu OPD lainnya, dalam hal penelitian,” pungkasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top