EKONOMI & BISNIS

OPD Diharapkan Terus Bina UMKM Kutai Kartanegara

Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono.

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Potensi peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan makin berkembang di Kutai Kartanegara (Kukar). Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono menyarankan organisasi perangkat daerah (OPD) bisa melakukan pembinaan terhadap UMKM.

“Mudah-mudahan OPD bisa bina UMKM agar makin berkembang dan inovatif,” pesan Wiyono belum lama ini.

Pembinaan pelaku UMKM agar makin berkembang, menurut Wiyono sebagai bagian mendukung program unggulan Kukar Idaman yang dipimpin Bupati Edi Damansyah dan Wabup Rendi Solihin.

“Salah satu program Pemkab Kukar, bagaimana meningkatkan jumlah UMKM di Kukar,” ucap Ketua Komunitas Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar ini.

Target pencapaian peningkatan jumlah UMKM pada Rencana Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2021-2026 sebanyak enam ribu pelaku UMKM.

“Kami juga akan siapkan program bantuan UMKM, agar makin tumbuh,” jelasnya.

Secara resmi, Pemkab Kukar telah menerbitkan surat penyampaian program bantuan Pemkab Kukar bagi UMKM per tanggal 18 Mei 2021 yang ditandatangani Sekda Kukar Sunggono.

“Pemkab menargetkan, di tahun 2021 dibantu 1.300 UMKM,” ujarnya.

Bantuan UMKM diprioritaskan bagi pelaku yang ada di daerah tertinggal perbatasan dan rawan bencana. Dan mendapatkan rekomendasi dari kecamatan, lurah maupun kades.

“Silakan ajukan permohonannya atau proposal, ke Dinas Koperasi dan UMKM Kukar. Terakhir proposal masuk per 5 Juni 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Tuana Tuha Tommy mengatakan, dirinya sangat menyayangkan ketika ada program pembinaan atau pelatihan dari OPD yang datang ke desanya, tidak dibina secara aplikasi tetapi hanya teori saja.

“Pernah pelatihan pembuatan makanan ikan, cuma yang dikasih hanya modul saja. Seharusnya dipraktikan di hadapan para, sehingga mengerti dan mudah diaplikasikan,” jelasnya.

Tommy menyebut, saat ini ada produk unggulan UMKM Tuana Tuha yaitu gula merah kelapa dengan beragam varian rasa serta madu.

“Produk unggulan desa kami, dipasarkan melalui medsos, dan beberapa kelompok usaha kreatif. Dan kami yakin akan terus berkembang demi kemajuan Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan,” jelasnya. (dan)

Editor: Lukman Maulana

Comments

POPULER

To Top