POLITIK

Legislator Kaltim Fraksi PDIP Sebut Masyarakat Jadi Penentu Peningkatan PAD

Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang melaksanakan Sosialisasi Perda di Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Ahad (23/5/2021). (Foto: istimewa)

KUTAI BARAT, Kate.id – Legislator DPRD Kaltim Fraksi PDIP Veridiana Huraq Wang pada Ahad (23/5/2021) melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 01 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah di Kecamatan Tering,  Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Perda ini dalam mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kaltim serta mendorong kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. 

Veri menyebut, perlunya sosialisasi perda (sosper) ini berawal dari kondisi masyarakat yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan upaya peningkatan PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor.

“Oleh sebab itu masyarakat menjadi komponen penting dan perlu mendapat perhatian serius. Dalam implementasi perda mejadi penting terkait aturan hukum, petugas pelaksana, fasilitas dan kondisi masyarakat di maksimalkan sebagai satu komponen yang memiliki pengaruh siginifikan,” bebernya.

“Pola pikir masyarakat terhadap kesadaran membayar pajak juga merupakan salah satu yang perlu disentuh agar tidak terabaikan. Sehingga perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” tambah Veridiana.

Dikatakan, perda ini yang telah mengalami perubahan kedua menjadi Perda Nomor 01 Tahun 2019. Dalam Sosper dijelaskan implementasi oleh UPTD Kubar terdapat perubahan tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), bahwa kendaraan bermotor pribadi ditetapkan sebesar 1,75 % untuk kepemilikan pertama, 1,0% untuk kendaraan motor umum, 0,5% untuk ambulance, pemadam kebakaran, sosial keagamaan, lembaga sosial dan keagamaan, pemerintah/ TNI/Polri, dan Pemda. Sedangkan kendaraan alat berat dan besar dikenakan tarif sebesar 0,2%.

Untuk memudahkan layanan, Kubar memiliki 11 tempat layanan Samsat, yaitu Samsat Induk Barong Tongkok, Samsat Pembantu Melak dan Samsat Pembantu Muara Tae. Selain itu Samsat Pembantu Mahakam Ulu, Samsat Pesat Bongan, Samsat Payment Point Barong Tongkok serta Samsat Payment Point Tering.

Terdapat Samsat Payment Point Muara Lawa, Samsat Mobil Jelajah, Samsat Desa Sri Mulyo dan Samsat Paten Linggang Bigung.

“Masyarakat bisa mengakses layanan Samsat yang tersedia, selain itu pembayaran pajak kendaraan juga lebih mudah melalui ATM pada berbagai bank seperti Bankaltimtara, BNI, Mandiri, BCA, BTN bahkan di Loket POS juga tersedia dan layanan toko offline maupun online lainnya,” ungkapnya. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top