WISATA

Kaldera Toba, Destinasi Wisata Unggulan Sumatera Utara

Kaldera Toba. (Foto: Kemlu)

TAMAN Bumi atau Geological park (Geopark) adalah suatu wilayah geografis tunggal atau gabungan, yang memiliki situs warisan geologi (Geologi site) dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek warisan geologi (geoheritage), keragaman geologi (Geo Diversity), keanekaragaman hayati (Biodiversity), dan keragaman budaya (Cultural Diversity).

Geopark dikelola untuk keperluan konservasi, edukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan keterlibatan aktif dari masyarakatdan pemerintah daerah sehingga dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya.

Berdasarkan stasusnya, Geopark tingkatan statusnya dibagi menjadi Geopark Nasional dan UNESCO Global Geopark. Pada saat ini Indonesia memiliki geopark yang mendapat sertifikat pengakuan status geopark nasional 15 geopark, dan Enam dengan status UNESCO Global Geopark (UGG).

Salah satu UGG yaitu Kaldera Toba yang ditetapkan pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Perancis, tanggal 2 Juli 2020. Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan geopark Kaldera Toba melalui jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network khususnya dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal.

Kaldera Toba, Provinsi Sumatera Utara terbentuk dari ledakan super vulkanik 74 ribu tahun lalu. Dasar kaldera tersebut dipenuhi dengan air dan menjadi danau terbesar di Indonesia. Letusan Gunung Api Toba Purba tersebut menyisakan lekukan cukup dalam di dasar kaldera yang kemudian terisi air dengan kedalaman hingga mencapai sekitar 550 meter dan luas 1.130 kilometer persegi.

Bentukan ini yang akhirnya dikenal sebagai Danau Toba. Pasca-pembentukan kaldera, rupanya peristiwa geologi itu juga menciptakan bentukan lain, yakni Pulau Samosir. Ini terjadi akibat pengangkatan sebagian besar danau ke permukaan.

Danau Toba dan Pulau Samosir kemudian dikenal dengan Kaldera Danau Toba. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi unggulan yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara. Selain Kaldera Toba, Indonesia telah memiliki lima situs UNESCO Global Geopark lainnya, yakni, Gunung Batur, Kawasan Cileteuh, Gunung Sewu, Gunung Rinjani dan Belitung. (luk)

Editor: Lukman Maulana

Comments

BERITA TERBARU

To Top